Dinas Pertanian Tanaman dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Fasilitasi Bimtek Panitia Qurban tahun 2020

 

Muntok- Dinas Pertanian Tanaman dan Pangan Kabupaten Bangka Barat memfasilitasi bimbingan teknis (Bimtek) yang diadakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bimtek yang ditujukan kepada panitia qurban sebanyak 20 orang dilaksanakan di OR II pada Rabu, 8 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan amanah UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan hewan, Kesejahteraan hewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia. 
Turut hadir dalam acara diantaranya perwakilan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat sekaligus membuka acara secara resmi serta kepala bidang peternakan dinas pertanian dan pangan Bangka Barat bersama jajaran. 
Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan adalah Kasi Produksi Peternakan Provinsi Kep. Bangka Belitung, Dodi Novianto, S.Pt., MM dan Pengawas bibit ternak dinas pertanian Provinsi Bangka Belitung, Septian Eka Pratama, S. Pt. 
Dalam bimtek, para peserta mendapatkan bimbingan dari narasumber dari Dinas Pertanian Provinsi Babel tentang tata cara penerapan kesejahteraan hewan yang sesuai dengan konsep halalan Toyyiban sehingga menghasilkan daging yang berkualitas baik, dan layak serta berdaya saing tinggi. 
Selain itu, dalam penanganan hewan qurban perlu dilakukan Pemeriksaan anti Mortem dan Post Mortem yang bertujuan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat dimana setiap hewan masuk ke Rumah Potong Hewan (RPH)/ dipotong harus dalam keadaan bebas dari luka memar, bebas penyakit, dan tidak stres. 
Di akhir kegiatan para peserta menyaksikan pemutaran video tentang tata cara penanganan hewan qurban.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Desi parlina
Fotografer: 
Desi parlina
Editor: 
Wahyu Pratiwi