Distangan Gelar Promosi Tanaman Pangan dan Hortikultura

Muntok (16/12/2019) Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) menyelenggarakan Gelar Promosi Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2019, senin (16/12)  bertempat di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat. Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Barat. Turut hadir Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Kepala OPD, perwakilan PT. GSBL, perwakilan PT. THEP, perwakilan Transmart Pangkalpinang, perwakilan CV. Asia Surya Perkasa Cabang Muntok, Ketua Gapoktan, Ketua Poktan dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Megawati mengatakan bahwa tanaman pangan dan hortikultura di kabupaten Bangka Barat perlu ditingkatkan produksinya agar mengurangi ketergantungan suplay pangan dari luar daerah. Bentuk upaya Dinas Pertanian dan Pangan dalam mendukung peningkatkan produksi tanaman pangan dan hortikultura ini dengan  penyaluran bantuan bibit unggul, pupuk pestisida, alat pertanian dan penyuluhan dilapangan.

“Gelar promosi tanaman pangan dan hortikultura ini bermaksud memberikan panggung bagi para gapoktan, poktan maupupun pelaku usaha kecil dan menengah disubsektor tanaman pangan dan hortikultura yang telah dibina oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat,” ujar Megawati.

Bupati Bangka Barat, Markus S.H .mengatakan bahwa gelar promosi tanaman pangan pangan dan hortikultura ini penting bagi pembangunan pertanian subsektor tanaman pangan dan hortikultura di kabupaten Bangka Barat mengingat komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang sebagian besar dikelola oleh rakyat memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri serta peran strategis dalam peningkatan pendapatan petani.

Markus juga mengatakan bahwa sinergisitas yang baik dari pemerintah daerah dan semua stakeholder terkait sangat dibutuhkan dalam upaya mempromosikan hasil-hasil pertanian.

“Sinerginitas pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat dalam kegiatan promosi perlu terus ditingkatkan. Karena selain memberikan wadah bagi petani dan pelaku usaha untuk melakukan promosi atas produk yang dihasilkannya,” ujar Markus.

Dari pantauan tampak stand stand dari gapoktan dan poktan yang ada di Bangka Barat menampilkan produk-produk tanaman pangan dan hortikultura seperti beras merah, sayuran, buah buahan  maupun produk olahan hasil tanaman pangan dan hortikultura.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm