DKP Bangka Barat realisasikan bantuan induk lele

Muntok  (Antaranews Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merealisasikan bantuan induk lele untuk memudahkan pembudi daya mendapatkan benih berkualitas.

"Pasokan benih lele lokal cukup terbatas sehingga sering kali anggota kelompok budi daya harus mencari hingga luar daerah, dengan adanya bantuan indukan ini kami harapkan mengurangi biaya produksi para pelaku usaha," kata Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Wiratmo di Muntok, Kamis.

Penyaluran bantuan induk lele telah dilaksanakan beberapa hari lalu kepada dua kelompok budi daya perikanan air tawar binaan Koperasi Sukal Berkah, yaitu Kelompok Sinar Menumbing dan Belo Merintis yang berlokasi di Kecamatan Muntok.

Masing-masing kelompok mendapatkan satu paket indukan berkualitas bagus, berisi lima ekor lele jantan dan 10 ekor betina yang didatangkan langsung dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungaigelam, Jambi.

Selain menyalurkan induk lele, dua hari lalu pihaknya juga sudah menyalurkan satu paket bantuan induk ikan nila yang berisi 300 betina dan 100 pejantan siap kawin kepada kelompok budi daya Madinah Lestari Muntok.

Induk lele dan ikan nila tersebut merupakan bantuan pemerintah melalui anggaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Tahun lalu kelompok yang tergabung dalam koperasi tersebut sudah mengajukan proposal bantuan selanjutnya kami lakukan verifikasi dan disetujui Sekda Kabupaten untuk diajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, tahun ini direalisasikan bantuannya," katanya.

Wiratmo mengharapkan indukan ikan tersebut dipelihara dengan baik agar menghasilkan benih berkualitas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota kelompok penerima.

Sumber: 
babel.antaranews
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta