DPRD: SEBAIKNYA SISWA DIBERI TUGAS SAAT LIBUR

Pangkalpinang, 26/4 (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suhaili Ishak menyatakan, sebaiknya siswa diberikan banyak tugas pada saat hari libur.

"Pemberian tugas tersebut untuk mengantisipasi para siswa nongkrong dan bergaul di lingkungan yang kurang baik," ujarnya di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelskan, para siswa tersebut bukan dilarang untuk bergaul di masyarakat akan tetapi melihat kondisi pergaulaulan anak baru gede (ABG) jaman sekarang yang tidak bermanfaat dan meresahkan warga.

Para ABG sekarang di Kota Pangkalpinang pergaulannya sering nongkrong di tempat-tempat sepi seperti di kebun, jalan sepi.

Pergaulan tersebut akan banyak sekali mengundang permasalahan dari segi agama, masyarakat dan moral para generasi muda lainnya.

"Jika para siswa tersebut terjerus pada pergaulan seperti itu akan menurunkan minat belajar di sekolah karena pikirannya sudah diracuni dengan pergaulan bebas," ujarnya.

Ia mengatakan, para guru harus bisa memprediksikan tugas rumah yang diberikan kepada siswa agar tidak terlalu memberatkan atau membebani siswa.

Sementara itu, para siswa diimbau untuk lebih rajin belajar dan mengesampingkan pergaulan di luar sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajar.

Lebih baik belajar kelompok dengan teman-teman sebaya disekitar rumah untuk membahas pelajaran sekolah daripada bermain dan bergaul tidak jelas.

"Orang tua siswa di rumah harus bisa mengarahkan dan memantau perkembangan anak-anaknya agar ketika terjadi penyimpangan dapat segera dibenahi," ujarnya.

Ia mengatakan, orang tua siswa di rumah sebaiknya jangan menggunakan kekerasan dalam mendidik anak-anaknya karena akan menganggu mental pada perkembangan anak tersebut.

Pendidikan agama dan siraman rohani sebaiknya diperdalam dan dimatangkan pada anak usia labil tersebut agar bisa mengarahkan jalan pikiran mereka.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News