Festival Pertunjukan Rakyat Lestarikan Nilai Tradisi Budaya Bangsa

Pangkalpinang (23/10/2019), Alun-alun Taman Merdeka, kota Pangkalpinang terus diisi dengan rangkaian  acara Senergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik Tahun 2019. Malam ini, rabu (23/10), masyarakat kota Pangkalpinang kembali disuguhi dengan Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional tahun 2019.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan mengusung tema “Sinergi Komunikasi Membangun Indonesia”.

Dalam sambutnya Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Abdul Fattah, M.Si mengatakan bahwa pertunjukan rakyat sejatinya salah satu cara dalam melestarikan nilai-nilai tradisi budaya bangsa dalam bentuk kesenian yang tumbuh di dalam masyarakat sebagai bentuk kearifan lokal.

“Pertunjukan rakyat yang akan disaksikan ini mempunyai arti bahwa kesenian dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat secara efektif,” ujar Abdul Fattah

Prof. Dr. Widodo Muktiyo selaku Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan Festival Pertunjukan Rakyat ini adalah bentuk kepedualian Kominfo, meskipun Indonesia sudah dalam masyarakat informasi, dan berbagai teknologi sudah diadopsi untuk berkomunikasi tetapi tetapi pertunjukan tradisonal tetap dilestarikan. Indonesia mempunyai beragam budaya, beragam kesenian tradisonal dan beragam bahasa dinilai sebagai perekat untuk berkomunikasi dan berinteraksi.

“Kami dengan senang hati mengucapkan terimakasih kepada partisipasi masyarakat  untuk mengapresiasi bahwa Indonesia ini kaya dengan tradisi dan seni tradisional, dan pemerintah akan terus memperhatikan hidup dan berkembangnya kesenian tradisional,”  ucap Widodo

Festival Pertunjukan Rakyat ini akan menampilkan kesenian dari 12 provinsi, yang mana pada malam ini enam provinsi akan tampil, yaitu dari Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat dan enam provinsi lainnya akan tampil besok malam, kamis (24/10).

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm