FGD Program Pengendalian Inflasi Sapi Bank Indonesia Tahun 2020

 

Parittiga-Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan difasilitasi oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Paritttiga mengadakan kegiatan FGD program pengendalian inflasi sapi tahun 2020 bertempat di kedai kopi 74, kamis 10 maret 2020. Kegiatan dihadiri oleh asisten sekretaris daerah bidang perekonomian dan pembangunan, Drs. H.  Rozali, Perwakilan bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan pangan Bangka Barat yang di wakili oleh Kepala Bidang Peternakan, Agung Ari Wibowo.S.Pt, M.Ec.,Dev.MA, Kepala Desa Sekar Biru serta kelompok tani binaan Desa Sekar Biru, Desa Air Kuang dan Kelurahan Kelapa dan perwakilan Penyuluh pertanian BPP Kabupaten Bangka Barat sebagai peserta undangan FGD.

Sehubungan dengan telah memasuki tahun ke 3 kerjasama program pengendalian inflasi sapi di Kabupaten Bangka Barat, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan inovasi dan skala usaha kelompok binaan ternak sehingga dapat meningkatkan kapasitas usahanya. Usaha tersebut diantaranya adalah formulasi pakan (konsentrat dan silase), pengolahan limbah, integrasi pertanian, peningkatan berat badan harian dan calving interval (dalam proses). Untuk memberikan dampak signifikan dalam kaitannya dengan program pengendalian Inflasi sapi di perlukan strategi perluasan dan kemitraan kepada peternak sapi se-Bangka Barat, salah satunya dengan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) pada hari ini. Dalam hal ini, Bank Indonesia ingin mensupport dengan menjaga harga daging sapi di pasaran agar tetap stabil dan terkendali, karena apabila harga terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan tidak saling menguntungkan untuk peternak dan konsumen.

Drs. H. Rozali memberikan pengarahannya mengenai bagaimana pentingnya pengendalian Inflasi harga sapi, terutama di daerah Bangka Belitung. Untuk daerah Bangka Belitung sendiri ada beberapa event/kegiatan yang berkaitan dengan perayaan adat atau yang biasa dinamakan pesta kampung. Pada bulan tertentu di laksanakannya pesta kampung.

"tentu saja kebutuhan akan daging sapi akan meningkat. Hal ini akan memengaruhi harga jual dan beli di pasaran. Jadi, akan sangat penting jika harga sapi bisa tetap terjaga dan terkendali dipasaran", karangan 

FGD dilanjutkan dengan seremonial penandatanganan kerjasama investasi sapi Desa Sekar Biru kepada kelompok Tani Makmur Desa Sekar Biru.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
erni
Fotografer: 
dony
Editor: 
Wahyu Pratiwi