Forkopimda Provinsi Babel Gelar Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19

Muntok _ Menjelang pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kabupaten Bangka Barat yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 9 Desember 2020, Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 dalam rangka Pelaksanaan Pemilukada Tahun 2020. Acara ini dilaksanakan di lapangan parkir timur kantor Bupati, Selasa (03/11/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Danrem 045/ Garuda Jaya, Forkopimda Kabupaten Bangka Barat,  Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Bangka Barat, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Camat se-kabupaten Bangka Barat, Kapolsek dan Danramil se-kabupaten Bangka Barat, Lurah dan Kepala Desa kabupaten Bangka Barat, Bhabinkantibmas dan Babinsa se-kabupaten Bangka Barat, Ketua KNPI Kabupaten Bangka Barat, dan Pengurus Masjid se-kabupaten Bangka Barat.

Dalam sambutannya, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Hartono, S.E., yang mewakili Pjs. Bupati Bangka Barat mengatakan Pemilukada serentak tahun 2020 ini berbeda dari pilkada sebelumnya, karena diselenggarakan pada saat pandemi covid-19.

“Kita tidak ingin pesta demokarasi ini menjadi penyebab penyebaran covid -19," ujar Hartono.

Hartono juga mengatakan dalam pelaksanaan Pemilukada nanti prokotol kesehatan harus diterapkan untuk memberikan perlindungan bagi penyelenggara pemilu, pengawas pemilu dan terpenting dan menjadi prioritas utama adalah  keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Dalam pelaksanaaan pilkada nanti, semoga tidak ada kompromi, apabila ada masyarakat maupun petugas TPS tidak menggunakan masker maka tidak diijinkan masuk ke dalam TPS. Kita harus konsisten dalam penerapan protokol kesehatan ini,” tegas Hartono.

Kepala Kejaksanaan Negeri Bangka Barat, Helena Octavianne, SH., M.H. yang mewaliki Kajati Kepulauan Bangka Beltung mengatakan Kabupaten Bangka Barat dalam menghadapi pemilukada harus mengutamakan protokol kesehatan, dan diharapkan peran serta dari seluruh masyarakat agar tidak golput.

“Perlu peningkatan kesadaran masyarakat dan instrument peraturan yang bersifat memaksa, dengan tujuan semakin tingginya kesadaran masyarakat Bangka Belitung terhadap pentingnya protokol kesehatan covid-19,” ujar Helena.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolda Kepulauan Bangka Beltung, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat.

"Terkait penerapan protokol kesehatan ini sudah mengarah kepada penegakan hukum bukan sekedar imbauan, seperti operasi yustisi yang sekarang digelar dengan memberikan teguran dan bahkan sanksi sosial," katanya.

Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto , S.I.P., M.Tr.(Han) mengatakan terkait dengan kasus-kasus covid-19 yang terjadi di Bangka Belitung maka selaku aparat, pihaknya mempunyai kewajiban dan tugas untuk tidak pernah lelah dalam mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan covid-19.

“Dalam melakukan protokol kesehatan dimulai dari diri sendiri, kemudian di lingkungan keluarga dan masyarakat. Jika sudah demikian, pasti semuanya akan tertib,” ujar Jangkung.

 

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm
Editor: 
Wahyu Pratiwi