Gebyar membaca

Muntok (22/09/2017) PPID – Upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam meningkatkan minat baca masyarakat terus dilakukan. Salah satunya dengan pencanangan Gerakan Bangka Barat Membaca oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., Jumat (22/9) di Gedung Majapahit Unmet Muntok.

Dalam kesempatan itu, Bupati H. Parhan Ali, menandatangani komitmen pencanangan Gerakan Bangka Barat Membaca yang berisi “Membangun Budaya Membaca Lima Belas Menit Sebelum Tujuh, Menuju Masyarakat Cerdas, Berkualitas dan Hebat Tahun 2021” yang diikuti oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., dan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab.

“Seluruh sekolah diwajibkan sebelum memulai belajar jam tujuh, guru dan siswa agar melaksanakan kegiatan literasi sepuluh menit membaca dan lima menit menulis,” jelas H. Parhan Ali dalam sambutannya pada acara Talk Show Minat Baca di Gedung Majapahit yang dihadiri oleh ratusan pelajar dan masyarakat Bangka Barat.

Dengan dicanangkan program tersebut, nantinya seluruh pelajar di Bangka Barat akan memiliki kebiasaan baru yaitu kebiasaan membaca dan menulis sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar setiap hari.

Menurut Bupati, banyak orang-orang hebat tak terkecuali sang proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta, di mana mereka adalah pecinta buku sejati, pembaca dan penulis buku produktif yang telah menghasilkan karya buku-buku masterpiece. Tidak serta merta mereka menjadi hebat dengan sendirinya jika tidak dengan membaca.

Kegiatan talk show itu menjadi semakin menarik dengan hadirnya Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, dan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Drs. Dedi Junaedi, dan Bupati Bangka Barat, H. Parhan Ali, sebagai pembicara yang mengupas tuntas mengenai tips menanamkan budaya membaca terutama bagi generasi muda dan masyarakat.

Masih menurut H. Parhan Ali, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sengaja mengundang Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, dengan harapan mampu memberikan inspirasi dan motivasi urgensi tentang literasi terhadap peningkatan minat baca bagi generasi muda dan masyarakat Bangka Barat.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Drs. Rukiman, Gebyar Bangka Barat Membaca Tahun 2017 ini bertemakan “Dengan Budaya Membaca Masyarakat Cerdas, Berkualitas dan Hebat Tahun 2021. Di mana rangkaian kegiatan yang terkait minat baca yang dilaksanakan oleh Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu diantaranya Lomba Perpustakaan Tingkat Sekolah dan Tingkat Desa/Kelurahan, Lomba Bercerita, Lomba Sinopsis, dan Stand Up Comedy. (ppid/muh/foto:tri)

 

Sumber: 
PPID Bangka Barat
Penulis: 
MUHAIMIN
Fotografer: 
Tri
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

07/12/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
02/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
30/11/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
30/11/2017 | Komunikasi dan Informatika Bangka Barat