Gubernur dorong pembangunan SMK Pariwisata di Muntok

Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mendorong terwujudnya pembangunan unit Sekolah Menengah Kejuruan yang membuka jurusan pariwisata dan tata boga di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Pembangunan SMK dengan jurusan pariwisata dan tata boga kami harapkan akan mampu menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang pembangunan kepariwisataan daerah," kata Gubernur Erzaldi Rosman di Muntok, Kamis.

Muntok, Kabupaten Bangka Barat sudah ditetapkan sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia saat ini masuk dalam rencana induk pembangunan daerah bidang pariwisata dan kebudayaan dengan spesifikasi wisata sejarah.

Dengan perencanaan tersebut, diharapkan pembangunan kepariwisataan di Bangka Barat, khususnya Muntok yang memiliki kawasan bernilai sejarah semakin terarah dengan memajukan wisatanya.

Untuk menunjang pembangunan kepariwisataan, di Muntok dibutuhkan tenaga yang mumpuni dalam sektor pariwisata yang bisa disiapkan melalui pembangunan SMK jurusan pariwisata dan tata boga.

Erzaldi mendorong Pemkab menyiapkan lahan yang memadahi sedangkan pemprov melalui Dinas Pendidikan akan menyiapkan anggaran pembangunan kantor dan enam lokal standar.

"Kami siapkan anggarannya, dengan catatan SMK yang dibangun khusus jurusan pariwisata dan tata boga," katanya.

Hal ini dikatakan Erzaldi pada acara peresmian unit sekolah baru SMP Muhamaddiyah Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta