GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 BANGKA BARAT ADAKAN KONFERENSI PERS

Muntok- Bertempat di ruang OR 2 Sekretariat Daerah Bangka Barat, gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Bangka Barat melaksanakan Konferensi Pers. Konferensi pers yang dihadiri oleh Sekretaris Gugus tugas covid-19 Bangka Barat Sidharta Gautama, Juru bicara Gugus tugas Covid-19 dr. Hendra yang merupakan narasumber dalam kegiatan. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Kepala dinas komunikasi dan informatika kabupaten Bangka Barat, M. Kaidi yang bertindak sebagai moderator kegiatan, serta perwakilan dari media massa kabupaten Bangka Barat.
Sidharta Gautama menyampaikan konferensi pers ini dilaksanakan agar tidak ada kesimpangsiuran informasi sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat. oleh karena itu konferensi pers ini rencananya akan dilaksanakan seminggu sekali, setiap hari jumat jam 14.00 wib.
"diharapkan kepada awak media untuk hadir walaupun tidak ada undangan resmi lagi," ujarnya.
Juru bicara covid-19 Kabupaten Bangka Barat dr. Hendra menyampaikan kondisi umum kabupaten Bangka Barat saat ini. Jumlah ODP di Bangka Barat saat ini 35 orang dimana 30 orang telah selesai masa pemantauan dan 5 orang masih dalam pemantauan.
"Sedangkan untuk PDP di Kabupaten Bangka Barat ada 3 orang dan telah dinyatakan negatif, " ungkapnya.
Menjawab pertanyaan dari awak media terkait status ODR (orang dalam resiko) yang berasal dari daerah transmisi lokal, dr hendra mengatakan untuk ODR diimbau agar mengisolasi diri secara mandiri di rumah. "akan tetapi, dalam pelaksanaannya tetap di pantau oleh petugas kesehatan. ODR boleh keluar tapi hanya untuk urusan yang urgent," katanya.
"Sedangkan untuk ODP ( Orang dalam pengawasan) harus isolasi diri dan tidak boleh keluar sama sekali," lanjutnya.
Pemerintah Kabupaten Bangka Barat juga telah menyiapkan gedung diklat sebagai tempat karantina khusus ODP dan akan di lakukan rapid test.
"Sedangkan bagi ODP yang statusnya naik menjadi PDP akan segera di rujuk ke rumah sakit," tutupnya.

Sumber: 
Gugus tugas covid-19 Kabupaten Bangka Barat
Penulis: 
Erni
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Wahyu Pratiwi