Inovatif dalam Pelayanan Kesehatan, Kabupaten Bangka Barat Pertahankan Anugrah Swasti Saba Wistara

Jakarta (19/11/2019) Kabupaten Bangka Barat kembali menerima penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan Anugerah Swasti Saba Wistara tersebut diterima langsung Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, M Effendi yang mewakili Bupati Bangka Barat di Gedung Sasana Bhakti Praja kemendagri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, (19/11).

Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang Kabupaten/Kota Sehat. Kabupaten/Kota Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah. Tercapainya kondisi kabupaten/kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya

Kabupaten Bangka Barat  meraih penghargaan  Anugerah Swasti Saba Wistara karena menerapkan prinsip-prinsip pola hidup bersih sehat. Selain itu, dinilai telah membuat berbagai inovasi dalam bidang manajemen kesehatan, lingkungan, dan pelayanan kesehatan.

Dalam penghargaan ini, terdapat tiga kategori yaitu Swasti Saba Padapa (pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (pembinaan), dan Swasti Saba Wistara (pengembangan). Kabupaten Bangka Barat pada tahun 2013 meraih Swasti Saba Padapa, disusul Swasti Saba Wiwerda pada 2015 dan pada 2017 serta 2019 meraih predikat tertinggi kategori Swasti Saba Wistara

Sekretaris Daerah M. Effendi mewakili Bupati Bangka Barat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga predikat Swasti Saba Wistara dapat dipertahankan.

"Alhamdulillah, akhirnya kita semua bisa mempertahankan predikat wistara ini. Mudah-mudahan ini bisa memicu semangat seluruh tim untuk bekerja lebih giat, supaya ke depan tetap bisa mempertahankannya lagi," kata M. Effendi.

Effendi berharap, penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk terus berusaha mempertahankan predikat kabupaten sehat dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di lingkungan masing-masing.

“Komitmen ini harus dimulai dari tingkatan paling bawah yakni keluarga-keluarga kita di desa-desa hingga tingkat kabupaten. Selain komitmen, yang tak kalah penting adalah menggalakan budaya gotong royong. Ini yang perlu didorong nantinya,” tandas Effendi.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm