Inspektorat Daerah

Info Kontak
Alamat

Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah
Kabupaten Bangka Barat
Dayabaru, Pal. 4, Muntok
Bangka Barat 33315

Telp/Fax.
Telp. 0716 Fax. 0716
E-Mail
Website
Pimpinan SKPD

Nama
NIP
Pangkat / Golongan
Pendidikan Terakhir
Pengalaman
Selayang Pandang

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 Organisasi Perangkat Daerah dan  Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 05 Tahun 2008 Struktur Organisasi Inspektorat Kabupaten Bangka Barat terdiri atas; Inspektur, Sekretaris; yang membawahi 3 (tiga) Sub Bagian; dan Inspektur Pembantu Wilayah (terdiri dari 4 wilayah), masing-masing Inspektur Pembantu membawahi 3 (tiga) Seksi.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Inspektorat Kabupaten Bangka Barat, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013, maka Inspektorat kabupaten Bangka Barat melakukan pengawasan intern pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bangka Barat meliputi :

  1. Audit;
  2. Reviu;
  3. Evaluasi;
  4. Pemantauan; dan
  5. Kegiatan pengawasan lainnya.
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas:

Membantu Bupati dalam menyelenggarakan pengawasan dan pembinaan pelaksanaan urusan dan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Fungsi:

  1. Perencanaan program pengawasan.
  2. Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan.
  3. Melaksanakan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penelitian dalam bidang pengawasan.
Program Kerja

Sebagai Lembaga Teknis Daerah yang diberikan amanah dibidang pengawasan internal, Inspektorat Kabupaten Bangka Barat memiliki banyak tantangan  sekaligus beberapa peluang yang mengiringi perjalanannya.

Adapun beberapa tantangan yang dihadapi adalah :

  1. Belum adanya Peraturan Kepala Daerah yang mengatur mengenai Pedoman Tata Cara Pengawasan (SOP) atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
  2. Masih rendahnya perhatian dan usaha penyelesaian Satuan Kerja atas Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan oleh SKPD.
  3. Belum dimanfaatkannya Inspektorat Kabupaten Bangka Barat sebagai Quality Assurance di  Lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Sedangkan beberapa peluang yang dimiliki adalah :

  1. Adanya PP 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
  2. Adanya kesadaran aparat pengawasan sebagai bagian dari fungsi manajemen pemerintahan untuk senantiasa meningkatkan kemampuan, keahlian dan keterampilan.

Tekad pemerintah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance).

Struktur Organisasi