JUNJUNG TINGGI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

         Pangkalanbaru, Bangka Tengah, 22/5 (ANTARA) - Bupati Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Erzaldi Rosman Djohan meminta masyarakat menjunjung tinggi kerukunan antar umat beragama untuk menciptakan suasana damai di daerah itu.

         "Memang kerukunan antar umat beragama itu harus kita junjung tinggi karena berasaskan Pancasila dan UUD 1945," ujarnya dalam Forum koordinasi pemimpinan dearah antisipasi konflik dalam kerukunan umat beragama di Pangkalanbaru, Selasa.

         Ia menjelaskan, sebagai warga negara yang baik sedah menjadi kewajiban untuk menjaga dan menciptakan kerukunan antar umat tersebut.

         Erzaldi menilai, kerukunan itu merupakan sektor yang sangat penting dan yang paling utama dalam setiap kehidupan di lingkungan daerah itu.

         "Jika kerukunan terus dijaga akan memberikan kedamaian di lingkungan itu," ujarnya.

         Menurut dia, terjadinya konflik antar umat seperti di daerah lain itu sangat merugikan segala pihak terutama masyarakat itu sendiri.

         Sebab, dalam suasana koflik antar agama tersebut tidak akan pernah menciptakan suasana ketenangan jiwa setiap manusia.

         Disamping itu, katanya, konflik itu tidak ada gunanya dan akan merugikan banyak pihak disekitarnya.

         Sementara itu, untuk di Kabupaten Bangka Tengah tidak pernah terjadi konflik antara umat beragama karena situasi dan kondisi masyarakat setempat terlihat rukun dan damai.

         "Selama ini masyarakat Bangka Tengah yang mayoritas umat muslim sangat terbuka kepada umat lain dan berbaur secara damai di kehidupan sehari-hari," ujarnya.

         Ia mengatakan, kondisi itu merupakan tindakan dari masyarakat yang selalalu menjunjung tinggi asas Pancasila dan UUD 1945.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara