JUSUF KALLA: PANCASILA JANGAN PERDEBATKAN LAGI

         Jakarta, 24/5 (ANTARA) - Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan Pancasila tidak boleh diperdebatkan lagi namun diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seluruh elemen masyarakat.

        "Pancasila jangan diperdebatkan lagi, nanti waktu kita habis hanya untuk berdebat. Yang lebih penting tindakannya," kata Mantan Wapres M Jusuf Kalla usai menerima Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari di kediaman Jakarta, Kamis.

        Wakil Ketua MPR Hajriyanto didampingi Fraksi PG MPR Rully Chairul Azwar dan anggota DPD Bambang Soeroto menemui mantan Wapres M Jusuf Kalla untuk hadir dalam peringatan pidato Bung Karno 1 Juni.

        Menurut Jusuf Kalla dalam sosialisasi Empat Pilar tidak perlu berpretensi bahwa semua orang akan melaksanakan semua butir-butir Pancasila.

        "Tapi laksanakan apa yang menjadi tanggung jawab kita. Misal saya di PMI yaa laksanakan soal kemanusiaan saja," kata Jusuf Kalla.

        Jusuf Kalla juga menegaskan akan hadir dalam peringatan pidato Bung Karno 1 Juni nanti. Jusuf Kalla juga menyatakan sepakat dengan gagasan MPR yang menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat
   Sementara mengenai metoda sosialisasi Empat Pilar kepada para siswa yang menggunakan cara cerdas cermat, Jusuf Kalla menilai hal itu biasa saja. Namun Jusuf Kalla mengingatkan agar jangan sampai hal itu menjadi yang utama.

        "Saya takutnya nanti Pancasila (empat pilar) hanya menjadi bahan cerdas cermat," kata Jusuf Kalla.

        Sementara Hajriyanto menjelaskan bahwa peringatan pidato Bung Karno 1 Juni nanti menghadirkan pembicara para tokoh ormas dari PBNU, PP Muhammadiyah, KWI dan PGI.

        "Ini untuk menunjukkan bahwa empat pilar bukan persoalan pejabat negara saja tetapi persoalan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia," kata Hajriyanto.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara