Kecamatan Kelapa Fasilitasi Pembinaan dan pembentukan Forum Anak Desa/ Kelurahan di Desa Tugang

Kelapa,(25/02)-  Bertempat di desa Tugang, Kecamatan Kelapa memfasilitasi kegiatan pembinaan dan pembentukan forum anak desa/kelurahan tahun 2021 Desa Tugang dan Terentang pada Kamis, 25 Februari 2021. 
Dalam hal ini, Pj. Kepala Desa Tugang, H. Sukowati, S, IP., mengucapkan terima kasih kepada dinas P2KBP3A, camat Kelapa dan kepala desa Terentang yang sudah hadir dan mendukung kegiatan pembinaan dan pembentukan forum anak desa/kelurahan.
Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bangka Barat, Suwito, SE., mengatakan bahwa Kecamatan hendaknya memiliki daya saing dari sisi sumber daya manusianya.
“Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat tanpa pengawet, konsumsi makanan nabati, menerapkan pola hidup sehat agar anak2 tetap sehat jasmani dan rohani,” katanya. 
Kabid pemberdayaan perempuan n perlindungan anak DP2KBP3A, Sundari, S.Sos menjelaskan forum anak merupakan organisasi anak yang difasilitasi pemerintah. Forum anak dibentuk untuk menurunkan angka permasalahan-permasalahan  anak antara lain pernikahan dini, dimana Bangka barat menduduki peringkat pertama se-provinsi Kep. Bangka Belitung. 
“Dengan adanya forum anak diharapkan anak-anak mempunyai wadah untuk mengembangkan potensinya,” katanya. 
Kasi perlindungan anak, Novi Eka Yanti, SKM memberikan pengarahan terkait tugas forum anak desa/kelurahan sekaligus memandu pembentukan kepengurusan forum anak desa/kelurahan tahun 2021-2022 di desa Tugang dan desa Terentang. Sementara itu, duta anak, yang turut hadir dalam kegiatan menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan forum anak kabupaten. 
Kegiatan diikuti oleh perwakilan sekolah SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Simpang Teritip, Jebus dan Parittiga. 
Adapun output dari kegiatan ini adalah terbentuknya forum anak Desa Tugang yang terdiri dari perwakilan pelajar SMPN 3 Simpang Teritip, SMAN 1 Jebus, SMAN 2 Jebus, SMKN 1 Parittiga, SMKN 1 Kelapa, MA Miftahul Jannah Pelangas dan MTS 2 Bangka Barat. untuk forum anak Desa Terentang teridir dari perwakilan pelajar SMPN 2 Kelapa, SMAN 1 Simpang Teritip, SMKN 1 Kelapa dan MTS 1 Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Ike
Editor: 
Wahyu Pratiwi