Kecamatan Parittiga fasilitasi pelaksanaan seleksi Anggota PPS

Parittiga~~Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Rabu (4/3/2020) pukul 09.30 Wib menggelar tes tertulis terhadap 63 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat pada Pilkada serentak 2020. Kegiatan ini difasilitasi oleh Kecamatan Parittiga dan bertempat di Gedung Serba Guna Parittiga.
Henny Apriyana,M.Si dari KPU Bangka Barat Devisi Program dan Data mengatakan calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis ini adalah mereka yang dinyatakan lolos pada seleksi administrasi. Sebelumnya, kata Henny, sebanyak 80 orang yang mendaftar sebagai calon anggota PPS, namun setelah dilakukan verifikasi berkas hanya 72 yang lolos untuk mengikuti seleksi tertulis pada hari ini.
"Tes tertulis ini hanya kita lakukan satu hari ini saja. Ada 72 orang calon anggota PPS yang dinyatakan lolos administrasi namun yang hadir mengikuti test tertulis pada hari ini ada 63 orang dan 9 orang tidak hadir" katanya 
Ketua PPK Agus Setyobudi, S. Pd menjelaskan, pada hari ini  dalam tes tertulis ini peserta diberikan waktu selama 50 menit untuk menjawab 40 soal pilihan ganda. Materi soal ini berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tahun 2020 ini. Tujuan dari pelaksanaan seleksi ini untuk mendapatkan PPS yang berkualitas untuk mensukseskan Pilkada tahun 2020.
Nantinya, kata Agus dari 63 orang calon anggota PPS yang mengikuti seleksi tertulis ini akan ditetapkan 6 besar di setiap Desa untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni tahapan wawancara. Kita akan menetapkan dari 63 calon anggota PPS terpilih saja. Anggota PPS itu nantinya akan bertugas di 10 Desa yang tersebar di Kecamatan Parittiga. Setiap Desa akan terdapat 6 orang anggota PPS. 
Berdasarkan hasil seleksi hari ini nanti akan ditetapkan calon anggota PPS yang berhak untuk mengikuti test wawancara
"Setelah tes tertulis akan diambil 6 besar disetiap Desa. Selanjutnya 6 besar ini akan mengikuti tahapan akhir yakni wawancara. Hasil dari wawancara nantinya akan diumumkan nama-nama yang lolos menjadi anggota PPS disetiap Desa," jelas Ketua PPK Agus. Turut hadir dalam kegiatan ini Henny Apriyana,M.Si anggota KPU Babar, Jajat Sudrajat, SH Sekretariat KPU, Agus Setyobudi, S. Pd Ketua PPK Kec Parittiga beserta 4 anggota, Diki Pirmanda Ketua Panwaslu Kecamatan Parittiga beserta 2 anggota.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Shitun Baroroh
Fotografer: 
Shitun Baroroh
Editor: 
erni