Kelenteng Kung Fuk Miao Merayakan Cap Go Meh ke-2562 Tahun Kelinci

MUNTOK - Kelenteng Kung Fuk Mio kemarin (17/02), merayakan Cap Go Meh 2562 tahun Cina. Perayaan yang dimeriahkan dengan tarian barongsai dari tim kesenian barongsai Kota Pangkalpinang ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat dan Kapolres Bangka Barat, Camat Muntok serta beberapa perwakilan dari unsur pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang diwakilkan oleh Bagian Humas dan Protokol Bangka Barat, Bagian Organisasi dan Kelembagaan, Bagian Hukum, Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Informatika Bangka Barat,  Dinas Sosnakertrans Bangka Barat.

Pengertian Cap Go Meh menurut Robin alias Chong Chong ini merupakan penutupan dari rangkaian perayaan Imlek yang dirayakan selama 15 hari. "Jadi Cap Go Meh ini sendiri adalah puncak dari perayaan Imlek dimana ini merupakan hari terakhir dari perayaan Imlek". Kata Robin. Beliau sendiri adalah ketua Pengurus Kelenteng Kung Fuk Miao Muntok yang berusaha mengangkat kembali nilai-nilai leluhur untuk generasi-generasi berikutnya.

Acara yang di mulai pukul 15:00 WIB ini dirayakan di Kelenteng Kung Fuk Miao (samping Masjid Jami'Muntok). Pada kesempatan ini, Bank Mandiri Cabang Muntok juga memberi bantuan berupa Lilin-lilin yang untuk ritual sembahyang umat Kong Fu Cu.

Perayaan Cap Go Meh ini setiap tahun diadakan di kelenteng tertua di Bangka Barat ini. Kelenteng yang dibawahi oleh Yayasan Tulus Bhakti ini dibangun pada tahun 1820 M pada masa pemerintahan Mayor A Tiom di masa penjajahan Belanda.

Liputan No. 04/Infokom/02/2011.

Sumber: 
Infokom
Penulis: 
Infokom