Kelompok ternak Bangka Barat terima bantuan sapi

MuntokĀ  (Antaranews Babel) - Kelompok ternak di Kabupaten Bangka Barat menerima bantuan sebanyak 28 ekor sapi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diharapkan mampu memotivasi anggota dalam menekuni bidang usaha yang digeluti.

"Bantuan stimulan itu dibagikan kepada dua kelompok peternak, yaitu kelompok Rintis Berkembang Desa Belolaut dan Himah Desa Mislak, masing-masing menerima 14 ekor sapi," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Edi Usman di Muntok, Selasa.

Bantuan berupa sapi jenis peranakan ongole tersebut diberikan kepada kelompok peternak sebagai sebuah bukti nyata dari pemerintah dalam mendorong kemandirian usaha agribisnis berbasis peternakan.

Selain mendapatkan bantuan sapi, dua kelompok ternak di Kabupaten Bangka Barat lainnya, yaitu kelompok Rengak Maju Desa Tugang dan Makmur Desa Sekarbiru mendapatkan bantuan melalui dana APBD Provinsi Babel berupa mesin pencacah pakan atau shredder.

Bantuan pemerintah akan terus dilakukan, baik melalui anggaran kabupaten, APBD Provinsi Babel maupun APBN kepada kelompok peternak sapi yang serius menggeluti usahanya.

"Bantuan sapi dan peralatan pendukung diberikan pemerintah guna mendorong kemandirian kelompok ternak," katanya.

Usaha peternakan sapi di daerah itu belum banyak dilirik masyarakat, terbukti dengan besarnya pasokan daging sapi dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Dengan pola pembangunan yang dilakukan pemerintah, diharapkan usaha ternak sapi semakin berkembang di masyarakat sehingga mampu mengurangi ketergantungan itu.

Selain memiliki peluang cukup menjanjikan, pengembangan sistem usaha agribisnis berbasis ternak memiliki nilai luhur dalam membangun ketahanan pangan bagi terciptanya stabilitas ekonomi masyarakat.

"Pembinaan rutin oleh para penyuluh juga terus dilakukan, pemkab juga memfasilitasi berbagai kebutuhan kelompok ternak agar semakin termotivasi mengembangkan usahanya," katanya.

Sumber: 
babel.antaranews
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta