KEMENPERA BANGUN 24 BLOK RUSUN UNTUK BURUH

         Jakarta, 1/5 (ANTARA) - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) telah membangun sebanyak 24 blok rumah susun sewa (Rusunawa) untuk para buruh di berbagai daerah yang terletak strategis dengan tempat kerja mereka.

        Rilis dari Humas Kemenpera yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, Kemenpera telah membangun sebanyak 24 blok untuk kapasitas 3.856 pekerja.

        Selain itu, Kemenpera bersama-sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan PT Jamsostek pada tanggal 23 April juga telah menandatangani kesepakatan bersama (MoU) terkait kerja sama percepatan pembangunan perumahan bagi pekerja atau buruh.

        Pembangunan tempat tinggal untuk para buruh di lingkungan perumahan itu akan dibuat dengan menggunakan teknologi tepat guna agar dapat dibangun dalam jangka waktu yang cepat.

        Sebagaimana diwartakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah meresmikan Rusunawa yang dibangun oleh PT Jamsostek dan Kemenpera yang berlokasi di kawasan industri Kabil, Batam, Jumat (27/4).

        Presiden Yudhoyono mengungkapkan agar para pekerja dapat terus diperhatikan secara layak salah satunya dengan membangun perumahan pekerja dalam rangka memberikan fasilitas yang semakin baik bagi mereka.

        Rusunawa Pekerja-Kabil yang terletak di tanah Badan Pengusahaan (BP) Batam dibangun untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni bagi para pekerja baik yang masih lajang maupun sudah berkeluarga.

        Rusunawa tersebut berjumlah empat menara kembar, masing-masing dua menara kembar dibangun pada tahun 2009 dan 2010 dengan kapasitas total 1.280 unit.

        Selanjutnya, menurut rencana pembangunan rumah untuk pekerja di Jawa Tengah akan dibangun di atas lahan-lahan yang disediakan oleh dunia industri.

        Setidaknya akan di bangun Rusunawa sejumlah masing-masing 20 menara kembar di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang dan Surabaya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News