Kemeriahan Sembahyang Bulan di Desa Puput

Parittiga, 13/09/2019 Ribuan warga sangat antusias memeriahkan Pestival Sembahyang Bulan di Desa Puput Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat . Tradisi sembahyang bulan “ Pat Ngiat Fan” yang artinya Pat “Delapan, “Ngiat Bulan” dan Fan” “Pertengahan”. Sembahyang bulan yang artinya hari raya bagi umat Khonghucu yang jatuh tanggal 15 bulan delapan imlek yang merupakan tradisi dan kepercayaan umat khonghucu kepada dewi bulan dengan menyediakan persembahan makanan, manisan,dan buah-buahan wujud syukur atas berkah yang diterima.

Dalam sambutannya perwakilan Bupati Barat oleh Kepala Kantor Kesbangpol Yusuf yudono sembahyang bulan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan setiap tahunnya pada tanggal 15 bulan delapan di kalender cina, terkait. Sembahyang bulan tidak hanya di diramaikan oleh warga Thionghoa saja tetapi juga warga lainnya dimana masyarakat sekitar saling menghormati, menghargai, dan saling hidup berdampingan antar sesama serta menjaga kebersamaan antara umat.

Acara dihadiri Forkompimda Bangka Barat, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Pengusaha, dan undangan lainnya dengan hiburan artis ibukota Azis gagap dan Mpok Alpa yang menghibur masyarakat sekitarnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dede
Fotografer: 
Hasan