Khataman Al Qur'an Desa Kapit

Parittiga (23/02/2020) Desa Kapit Kecamatan Parittiga selenggarakan Khataman Al Qur'an. Khataman Al Qur'an Ke 21 ini diselenggarakan di Halaman TPA Darussalam Desa Kapit Kecamatan Parittiga Minggu,(23/02) dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang.  Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Bidang ekonomi dan pembangunan Sekda Babar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Babar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat, Kabag Umum Setda Babar, Kabag Kesra Setda Babar, Camat Parittiga, Forkopimka, Lembaga Adat Sejiran Setason dan seluruh masyarakat Desa Kapit ikut memeriahkan acara ini.

Peserta Khataman Al Qur'an ini dibina Kepala TPA Darussalam dipimpin oleh Rumanun yang juga seorang Qori'ah Kecamatan Parittiga asal Desa Kapit dan Penghulu Desa Kapit Ustad Robu'in. Agung Setiabudi selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan anak-anak santri yang telah menyelesaikan pelajaran membaca Al Qur'an sampai 30 juz dan para peserta ini diarak keliling kampung, untuk menyemangati anak-anak lainnya agar rajin belajar membaca Al Qur'an. Disebutkan juga oleh Pj Kades Kapit Samsul Bahri, S. IP bahwa tradisi ini bertujuan mengapresiasi mereka yang telah selesai belajar baca Al Qur'an juga memberikan semangat kepada mereka, agar terus menerus mencintai Al Qur'an, mengkaji isi kandungannya serta menjadikan petunjuk dan pedoman hidup sampai dewasa.

Sementara itu Camat Parittiga Madirisa, S. Mengatakan kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi pemerintah yaitu mewujudkan Bangka Barat Hebat. "Dengan bisa membaca Al Qur'an akan mudah bagi mereka kelak mengkajinya, sehingga menghasilkan SDM yang berakhlak dan beradab", Kata Madirisa, S. Pd. Sementara Bupati Bangka Barat dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang ekonomi dan pembangunan Drs. H Rozali sekaligus membuka acara ini, menyatakan Khataman Al Qur'an menunjukkan tingginya kesadaran dan tanggung jawab orangtua dan masyarakat, dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya sejak kecil. "Pendidikan Al Qur'an mempunyai nilai yang paling mendasar bagi kehidupan anak kita dimasa yang akan datang, katanya. Diakhir acara setelah pembacaan surah An Naas, masyarakat yang hadir dibagikan hidangan berupa ayam dan telur yang disediakan orangtua anak yang khatam Al Qur’an. Serta Panitia pembagian piagam bagi peserta terbaik pada acara Khataman Al Qur'an ini.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Shitun Baroroh
Fotografer: 
Agung Setyobudi
Editor: 
Yogie