KPU AJAK CALEG KAWAL SIMPATISAN SUKSESKAN PEMILU

 

    Bangka Barat, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mengajak para calon anggota legislatif ikut mengawal simpatisan dan kader partai politik hingga pencoblosan untuk menyukseskan Pemilu 2014.
    "Kami berharap para caleg dan parpol ikut mengawal simpatisannya saat menyalurkan aspirasi ke tempat pemungutan suara karena mereka memiliki kepentingan langsung terhadap hasil pemilu," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Pardi di Muntok, Selasa.
    Ia menjelaskan, selama ini KPU dan Panwaslu yang selalu menjadi sorotan utama mengenai rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam menunaikan haknya dalam setiap gelaran pemilu.
    Menurut dia, parpol peserta Pemilu bersama para caleg juga memiliki peran yang jauh lebih penting karena mereka sebagai peserta kompetisi tersebut.
    "Jadi harus ada kerja sama yang bagus antara KPU, Panwaslu dan parpol untuk meningkatkan jumlah partisipasi dalam setiap gelaran pemilu tersebut," kata dia.
    Ia mengatakan, selama ini KPU sudah melakukan berbagai sosialisasi melalui berbagai media dan masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengetahuan pentingnya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu terhadap pembangunan daerah.
    Upaya tersebut diharapkan mampu mendongkrak partisipasi para pemilih pemula sekaligus memberikan gambaran akan pentingnya pelaksanaan pemilu untuk menyukseskan pembangunan daerah agar sesuai keinginan masyarakat.
    "Warga sendiri yang menentukan siapa saja yang akan duduk menjadi wakil rakyat lima tahun ke depan, untuk itu kami berharap kepada para caleg untuk mengawal simpatisannya hingga tahapan pemilu berakhir, khususnya dalam pelaksanaan pencoblosan pada 9 April 2014 nanti," kata dia.
    Ia mengatakan, pada gelaran Pilkada Gubernur Babel 2012 tingkat partisipasi warga sekitar 60 persen, sementara pada Pemilu Legislatif 2014 pihaknya menargetkan tingkat partisipasi mencapai 70 hingga 75 persen.
    Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi DPT tingkat Kabupaten Bangka Barat dalam Pemilu Legislatif 2014 ditetapkan sebanyak 126.653 jumlah pemilih yang tersebar di enam kecamatan.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

 

Sumber: 
ANTARANEWS