KPU Sosialisasikan Tahapan Lanjutan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bangka Barat

Muntok- Bertempat di Kedai Kopi brew.OK Muntok, KPU melakukan jumpa pers tentang Sosialisasi tahapan lanjutan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat pada Senin, 22 Juni 2020. Jumpa pers dihadiri oleh Komisioner KPU, Diskominfo dan para wartawan media lokal Bangka Barat.
Disebutkan oleh Ketua KPU, Pardi, S.Si bahwa PKPU nomor 5 tahun 2020 mengamanatkan kepada KPU untuk kembali melanjutkan tahapan pilkada yang ditunda dengan mulai melakukan pengaktifan kembali PPK dan PPS tanggal pada tanggal 15 Juni 2020.
Anggota Komisioner KPU, Yulizar mengatakan banyak hal yang berbeda dalam penyelenggaraan Pilkada saat ini.
" Di Masa pandemi ini, pemutakhiran data pemilih dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak desa dan kelurahan dalam hal sinkronisasi data setelah sebelumnya dilakukan dengan door to door. RT RW sangat berperan disini salam suksesi pilkada ini ," katanya.
Tahapan pencalonan juga mengalami perbedaan. Demikian juga kampanye. Yang awalnya boleh mengumpulkan massa di masa pandemi ini tidak diperbolehkan lagi.
Ketua KPU, Pardi, S. Si mengatakan pihaknya akan memfasilitasi APD untuk masyarakat yang datang ke TPS namun tidak melengkapi diri dengan APD.
Untuk masyarakat yang di balai karantina, kita akan mendatangi ke sana menggunakan pakaian hazmat.
"Kami berupaya mengamankan semua prosesnya. Termasuk nanti kami akan libatkan tim gugus tugas covid sebagai tim kesehatan. Selain itu, kami berencana mengganti sosialisasi tatap muka dengan membuat konten video kreatif sesuai target sasaran untuk setiap tahapannya, " ujarnya.
"Kami juga ada program "natak kampung" untuk menyasar pada masyarakat yang tidak tercover dengan konten video yang dipublikasikan melalui daring. Harapannya, informasi tentang pelaksanaan pemilu dapat tersampaikan. Sehingga dapat meyakinkan masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada di situasi berbeda kali ini," katanya lagi.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Yogie