Kunjungan Keluarga Penumpang Kapal SS Vyner Brooke

Muntok (21/02), Bupati Bangka Barat, Ust.Zuhri M. Syazali menerima tamu dari Australia yang merupakan keluarga dari penumpang kapal SS Vyner Brooke. Kapal SS Vyner Brooke adalah kapal divisi ke-8 Australia era perang dunia ke-II yang ditembak hingga tenggelam pada tanggal 14 Februari 1942 oleh pesawat tempur Jepang di sekitar pulau Bangka, tepatnya di pantai kota Muntok. 

Sebagian tamu adalah keturunan keluarga perawat yang berasal dari Australia yang menjadi  korban Perang Dunia II oleh pasukan Jepang. Keluarga dari Australia ini diterima di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat dan disambut langsung oleh Bupati dan istri beserta pejabat dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan tokoh-tokoh dari Muntok Herritage Community.

Acara di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat diisi dengan Tari Sambut dan ramah tamah yang selanjutnya akan dilakukan kunjungan dan pemasangan plakat di tempat-tempat sejarah tragedi korban Perang Dunia II, seperti daerah penampungan perawat yang selamat dari pembantaian di Kampung Menjelang dan bangunan monumental Perang Dunia II di Pantai Tanjung Kalian.

 

 

Sumber: 
Infokom
Penulis: 
Infokom