Lintas Alam Menumbing Hadir Kembali

Muntok, 30/10/2015 (Infokom). Akhir November ini, tepatnya tanggal 29 November 2015, Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Dan Informatika Kabupaten Bangka Barat akan menyelenggarakan Kegiatan Lintas Alam Menumbing, atau Cross Country. Pendaftaran peserta mulai dibuka Senin tanggal 02 November sampai 27 November 2015 di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Dan Informatika Kabupaten Bangka Barat.

Menurut koordinator kegiatan, Lova Oktavia Putri, Lintas Alam Menumbing ini merupakan kegiatan bersifat lomba dengan penilaian yang telah ditentukan. Kegiatan ini juga salah satu bentuk promosi daerah dengan menyajikan olahraga wisata alam, yaitu menyusuri bukit hutan bukit Menumbing dari kaki bukit sampai ke puncaknya. “Kami harap para peserta tidak melihat nominal hadiah yang disediakan, tapi kebersamaan dan petualangan menyusuri hutan bukit Menumbing ini cukup menyenangkan. Peserta dapat merasakan berwisata dengan nuansa yang berbeda”, ungkap Lova.

Lomba ini terbuka untuk umum dan gratis biaya pendaftaran. Lomba ini terbagi dalam tiga kategori yaitu Kategori Pelajar/mahasiswa, Kategori Instansi/Umum, dan Kategori TNI/Polisi. “Pengkategorian ini dilakukan karena adanya permintaan dari masyarakat dan merujuk pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya”, jelas Lova. “Promosi lomba ini Insya Allah hari Senin sudah disebarkan ke masyarakat, seperti spanduk, baliho, dan brosur akan dipasang dan dibagikan ke kecamatan-kecamatan lain yang ada di Bangka Barat”, lanjutnya.

Sebagai Kepala Seksi Promosi Usaha Dan Kemitraan Wisata, Lova juga menuturkan bahwa peserta dibuka bukan untuk masyarakat di wilayah Bangka Barat saja, namun seluruh peserta dari kepulauan Bangka Belitung atau dari luar Kepulauan Bangka Belitung pun diharapkan ikut memeriahkan lomba wisata alam ini. “Untuk beberapa instansi pemerintah di luar Bangka Barat, kami akan mengirimkan surat permohonan untuk ikut serta dalam kegiatan ini.” Kata Lova. “Tapi mesti dicatat, bahwa panitia tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi peserta dari luar Muntok. Kami nanti hanya akan mengarahkan mereka ke homestay-homestay yang ada di Muntok sebagai opsi akomodasi yang murah”, ungkap Lova.

Kegiatan Dishubparbudinfo ini dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2012. Selain mengajak peserta berpetualang di alam, kegiatan ini juga untuk mengenal dekat fungsi hutan bukit Menumbing bagi kehidupan Muntok beserta sejarah nasional yang pernah ada di puncak bukit Menumbing itu. *** 

 

Sumber: 
Bidang Pariwisata Dishubparbudinfo Kab. Bangka Barat
Penulis: 
M. Erfan

Berita

22/09/2017 | PPID Bangka Barat
22/09/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/09/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
28/08/2017 | Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab.Bangka Barat
21/08/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
03/08/2017 | Diskominfo Kab. Babar
14/07/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
04/07/2017 | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat