Lomba Lintas Alam Menumbing 2017

Muntok (29/10/2017) KOMINFO. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan lomba Lintas Alam di Bukit Menumbing, Kecamatan Muntok kemarin, minggu (29/10). Lomba yang bersifat terbuka itu di ikuti dengan total 207 tim dengan pembagian 3 kategori. Kategori Pelajar sebanyak 103 tim, kategori Umum sebanyak 93 tim, dan kategori Pasukan Terlatih sebanyak 12 tim. Setiap tim berisikan anggota sebanyak lima orang. Acara yang dilaksanakan setiap tahun itu memiliki konsep Pelestarian alam dan Olahraga alam bebas.

 Lomba Lintas Alam dilaksanakan dalam satu hari, peserta lomba harus mengikuti jalur dan waktu yang telah ditentukan oleh panitia untuk mencapai tempat terakhir perlombaan. Jalur perlombaan Lintas Alam adalah untuk mengelilingi Bukit Menumbing hingga mencapai puncak bukit dan kemudian menuruni bukit melawati jalur aspal, setelah peserta selesai melawati rute perlombaan dapat beristirahat sambil menunggu peserta lain menyelesaikan jalur perlombaan.

 Lomba Lintas alam  selain sebagai konsep pelestarian alam dan olahraga juga bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata alam guna untuk mendukung proses pembangunan ekonomi berkelanjutan dan tanggung jawab pada lingkungan sekitar. Selain itu dari perlombaan ini diharapakan  bagi peserta pelajar menjadi generasi penerus bangsa agar menjadi sosok generasi yang tangguh sehat fisik, mental, peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup.

 “ Kegiatan ini bukan saja bersifat rekreasi atau kesenangan saja melainkan sarana penghayatan dan pengembangan guna memupuk rasa kecintaan terhadap alam untuk kelestarian dan keindahannya.” Ungkap Wakil Bupati Bangka Barat Markus, SH dalam sambutannya membuka perlombaan.

Berikut hasil pemenang perlombaan Lintas Alam untuk kategori Umum juara I dimenangkan oleh UNMET/17  Muntok Kabupaten Bangka Barat dengan jumlah penilaian 1729, juara II di menangkan oleh Anak Tim B/AU/49 dengan perolehan nilai 1718 Bakam Kabupaten Bangka, juara III ditempati oleh TIM Rajawali/37 dengan perolehan nilai 1689 Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Untuk kategori Mahasiswa atau Pelajar Juara I dimenangkan The Legend/003 dengan perolehan nilai 1969 SMANSA Muntok, Juara II Janet/016 dengan perolehan nilai 1889 SMA I Namang, dan The Macam Mane /017 SMA I Namang menduduki Juara III dengan perolehan nilai 1884.

Sedangkan pemenang Kategori Pasukan Terlatih Juara I dimenangkan oleh Polsek Jebus/007 dengan perolehan nilai 1803, Juara II dimenangkan oleh Yuda Putra Warior/011 Muntok mendapat perolehan nilai1712, dan Lantas Polres Babar/005 Muntok menduduki Juara III dengan Perolehan nilai 1701.***

Sumber: 
Diskominfo Babar
Penulis: 
Novie Ardian
Fotografer: 
Tri Seprizal
Editor: 
M. Erfan