Markus Resmikan SPALD-T Desa Air Belo

Muntok (06/01/2020) Bupati Bangka Barat, Markus S.H., meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) program sanitasi berbasis masyarakat islamic development bank (Sanimas IsDB) bertempat di dusun III Daya Baru desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Senin (6/01).

Pembangunan SPALD-T ini serta bersumber dari dana islamic development bank (IsDB) TA 2019 senilai Rp 425 juta yang dilaksanakan oleh LKM Tunas Harapan dan KSM Bujang Besaoh desa Air Belo.  Pembangunan SPALD-T  bertujuan meningkatkan kesadaran sanitasi terhadap lingkungan dengan tidak membuang limbah sembarangan.

Menurut Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM), Muswandi bahwa dengan adanya kegiatan pengolaan limbah ini nantinya bisa dijadikan kompos dan pupuk yang bermanfaat.

Markus berharap pembangunan SPALD-T ini bisa bermanfaat dan berguna untuk masayarakat.

“Kita mengapresiasi pembangunan SPALD-T ini. Apa yang sudah dibangun harus dijaga dan dikelola dengan baik bersama masyarakat,” ujar Markus.

Turut hadir dalam peresmian ini Kasat Pol PP dan PB, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perkimhub serta masyarakat desa Air Belo.

 

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm