Masyarakat Terdampak Corona akan mendapatkan BLT 600 ribu

Muntok _ Dalam Rapat Koordinasi peningkatan kinerja pemerintah yang bertempat di OR 2 Kamis (16/04), Markus, S.H selaku Bupati Bangka Barat mengatakan bahwa Pemerintah akan bersinergi dengan memberikan insentif berupa Bantuan Langsung Tunai ( BLT) kepada masyarakat yang terdampak virus corona di desa-desa  sebesar Rp. 600.000,00 per keluarga per bulan dimulai dari bulan April tahun 2020 selama tiga bulan berturut-turut yang diberikan kepada lebih dari 10 ribu keluarga penerima yang ada di Bangka Barat.

Menurut Bupati Bangka Barat Markus,S.H  insentif berupa BLT ini merupakan revisi dari peraturan menteri desa PDTT No 11 tahun 2009 menjadi No. 6 tahun 2020 tentang perubahan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Orang nomor satu di Bangka Barat meminta agar Dinas Sosial Pemdes melalui PSM dapat melakukan pemutakhirkan data penerima manfaat, agar bantuan untuk masyarakat dapat tepat sasaran data- data harus terlampir dan akurat .

Rakor tersebut  dihadiri Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pemerintahan Sekretaris Daerah, Kepala OPD Bangka Barat, serta Kepala Desa se- Bangka Barat.

Kepala Dinas sosial Pemdes Bangka Barat Suradi menyebutkan sasaran penerima BLT ini yang paling utama untuk keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) yang belum mendapatkan kartu prakerja, masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis melalui proses musyawarah desa untuk validasi dan finalisasi penetapan penerima BLT dana desa yang akan ditandatangani oleh Kepala Desa langsung agar tidak terjadi penumpukan penerimaan bantuan.

Untuk itulah monotoring dan evaluasi dilaksanakan akan dilaksanakan Badan muswarah Desa ,Camat, dan Inspektorat Kabupaten Bangka Barat dan penanggung jawab dalam penyaluran BLT tetap Kepala Desa, tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
dedra
Fotografer: 
dony
Editor: 
wahyu pratiwi