Menuju Bangka Barat Sehat

Muntok,(22/08). Kamis (22/08) bertempat di OR1 Sekretariat Daerah, Bupati Bangka Barat menerima kunjungan dari Tim  verifikasi Kabupaten/Kota dari kementerian kesehatan dan kementerian dalam negeri. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat menargetkan meraih penghargaan Swasti Saba Wistara, penghargaan tertinggi dalam bidang Kabupaten Sehat. Kabupaten Kota Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah. Tercapainya kondisi kab/kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehigga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya. Kegiatan ini juga untuk memverifikasi dokumen dan unggulan kegiatan dengan kenyataan di lapangan. Dilihat yang diunggulkan apakah sesuai data yang diajukan.

Bupati Bangka Barat Markus, menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Bangka Barat beserta seluruh komponen masyarakat telah berkomitmen penuh menyelenggarakan program kabupaten sehat dengan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bangka Barat sebagai kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya, meningkatkan produktivitas dan perekonomian daerah. Pengembangan program kabupaten sehat di Kabupaten Bangka Barat telah menjadi bagian dari dinamika serta semangat warga dan pemerintah daerah untuk secara terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan segenap potensi dan sumberdaya masyarakat yang ada.

Untuk Bangka Barat, yang jadi unggulan ada 6 tatanan, Pariwisata Sehat, Kawasan Pemukiman, Sarana prasarana sehat, industri dan perkantoran sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, dan ketahanan pangan dan gizi.

Selain itu menurut Markus, Inovasi utama yang dikedepankan dalam penilaian ini adalah inovasi Kabupaten Bangka Barat dalam mencegah dan menangani stunting, dimana inovasi ini telah pula mendapat penghargaan dari kementerian dalam negeri pada bulan Juni 2019 dengan kategori “Terbaik Inovasi Program”.

Inovasi pencegahan dan penangan stunting dikabupaten bangka barat secara nyata mampu mengurangi prevalensi stunting di Kabupaten Bangka Barat, dimana dari 10 desa prioritas intervensi stunting di tahun 2017, per April 2019 hanya tersisa 4 desa saja yang memiliki prevalensi stunting diatas 20%. Selain inovasi tersebut, berbagai kegiatan telah dilaksanakan forum sejiran setason bersama pemerintah untuk mewujudkan Kabupaten Bangka Barat sehat, ujarnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
yogie
Fotografer: 
Doni
Editor: 
M.Amrullah