MINAT BACA BUTUH DUKUNGAN SEMUA PIHAK

Muntok, 3 April 2018 Potensi minat baca sesungguhnya sudah tertanam pada setiap otak manusia, yang tumbuh dan berkembang potensi itu dipengaruhi oleh faktor pendorong, situasi, kondisi, lingkungan dan sistem sekelilingnya. Maka untuk menumbuhkan minat baca, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kab. Bangka barat menyelenggarakan kegiatan publikasi dan sosialisasi minat baca kabupaten Bangka Barat serta lomba literasi tahun 2018, selasa (3/4) di Museum Timah Muntok.
Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 3-4 April 2018 tersebut dihadiri oleh Bupati Bangka Barat Drs. H. Parhan ali, MM., sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutanya Bupati menyampaikan bahwa minat baca adalah hasrat seseorang terhadap bacaan yang mendorong munculnya keinginan dan kemampuan untuk membaca, yang diikuti oleh kegiatan nyata membaca yang diminatinya.”ujar Parhan.
“Diharapkan Disekolah dapat menerapkan kebijakan gerakan 15, sebelum 7. Setiap siswa diwajibkan membaca dan menulis selama 15 menit sebelum jam 7. Dan juga diharapkan melalui perlombaan literasi akan tumbuh generasi pembelajar gemar membaca, yang dapat menghantarkan cita-cita anak menuju kesuksesan.”harap Parhan.
Parhan juga mengajak semua komponen masyarakat, stakeholder dan semua keluarga agar ikut berpatisipasi aktif, karena ini bukan hanya tugas pemerintah saja tapi tugas kita semua, karena minat baca perlu dukungan bersama.”ajaknya.
Dalam kegiatan tersebut  hadir juga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Babel, Dr. Ir. Rofiko, M.TP, Forkopimda Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, Ketua PKK Bangka Barat sekaligus merangkap Ketua GMPB Bangka Barat, BUMN dan BUMD.
Ka. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs. Rukiman, M. Si, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah mulai dari SD sampai tingkat SMA/K, dan perlombaan literasi tahun 2018 ini memperlombakan 7 cabang perlombaan.
Rukiman juga menyampaikan bahwa lomba perpustakaan tingkat SD dan SMP hanya sampai tingkat provinsi, namun lomba perpustakaan tingkat desa dan SMA/K ini sampai ke nasional, alhamdulillah perpustakaan tingkat desa dan SMA/K bangka barat sudah sampai ke nasional mewakili babel.” ujar Rukiman saat menyampaikan laporan pelaksana kegiatan.**

Sumber: 
Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
Penulis: 
Heru Indarto
Fotografer: 
Tri

Berita

09/10/2018 | babel.antaranews.com
09/10/2018 | babel.antaranews.com
25/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
24/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
20/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol