MISI III: PENAMBANGAN TIMAH RAKYAT JANGAN DISENTUH

         Pangkalpinang, 3/5 (ANTARA) - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bukhori Yusuf mengimbau aparat kepolisian dan para penegak hukum agar tidak menyentuh mereka secara hukum.

        "Hukum harus lebih berpihak pada rakyat kecil, kalaupun mereka tidak punya ijin atau apa, biarkan saja, jangan disentuh setidaknya sampai mereka belum memiliki pekerjaan," kata Bukhori di sela-sela Kunjungan Kerja Komisi III ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

        Oleh karena itu, Bukhori mengatakan, tugas Pemerintah Daerah adalah memberikan lapangan kerja yang layak dan merata bagi masyarakat.

        "Sudah seharusnya Pemerintah Daerah memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat, bangun industri-industri yang mampu menyerap banyak tenaga kerja," kata dia.

        Menurut hasil pemantauan Komisi III selama melakukan Kunjungan Kerja di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Bukhori mengatakan banyak kejahatan korporasi yang belum tersentuh oleh hukum.

        "Kami menemukan wilayah usaha penambangan (wup) beberapa perusahaan tambang di sini terbilang kecil yakni 16 persen, tapi mereka mampu mengekspor barang tambang hingga mencapai 50 persen, artinya di sini ada pelanggaran-pelanggaran," kata Bukhori.

        Namun menurut Bukhori, saat Komisi III bertemu dengan Kepolisian Daerah Bangka Belitung, mereka melaporkan jenis kejahatan yang diungkap Polda didominasi oleh kejahatan konvensional seperti pencurian, penganiayaan dan lain-lain.

        "Berdasarkan data dari Polda, pada tahun 2012 kejahatan konvensional mendominasi jenis kejahatan di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dengan jumlah 125, disusul oleh kejahatan trans nasional dengan jumlah 12, dan kejahatan yang terkait dengan kekayaan negara sejumlah 8, di sini tidak disebutkan kejahatan yang terkait dengan kejahatan korporasi," kata dia.

        Komisi III DPR RI yang membidangi hukum dan perundang-undangan, hak asasi manusia, dan keamanan melakukan Kunjungan Kerja pada Masa Reses Persidangan III dengan mengunjungi dinas-dinas terkait di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Selasa (1/5) hingga Kamis

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News