MKKS Bangka Barat Laksanakan Pelatihan Asesmen Nasional

 

Muntok, (22/02). Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan pelatihan Asesmen Nasional tahap I dan II pada Senin, 22 Februari 2021. Kegiatan dijadwalkan selama 2 hari di setiap kecamatan, mulai 22 dan  25 Februari 2021.
Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan assesmen nasional, PJJ, Sekolah Penggerak, dan SPI Kabupaten Bangka Barat tahun pelajaran 2020/2021.
Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan( LPMP).
Teknisnya, setiap SMP di Bangka Barat dikelompokkan ke dalam 3 kelompok untuk diberikan pelatihan. 
Hari pertama (22/2), kegiatan bertempat di SMP 1 Muntok, SMP 3 Muntok, SMP Negeri 4 Muntok, SMP Negeri 1 Simpang Teritip, dan SMP Negeri 2 Simpang Teritip. 
Pada pembukaan bertempat di Smp 3 Muntok, tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Dra. Rukiman, M. Si., Kepala LPMP Kepulauan Bangka Belitung, Koordinator Pendidikan Kecamatan Muntok, Kepala Sekolah SMP Negeri 3, Kepala Sekolah Negeri 2 , SMPIT Muntok serta peserta pendampingan guru persiapan nasional dan PJJ Kabuapten Bangka Barat Tahun 2021.
Rukiman menuturkan bahwa program ini adalah program dari Kementerian Pendidikan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia se- Kabupaten "Khusus pelaksanaan di Kabupaten Bangka Barat dilaksanakan karena Kabupaten Bangka Barat diutamanya menjadi Sekolah penggerak di Provinsi Bangka Belitung, " ujarnya.
Dirinya juga berharap Guru yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi penggerak dan pendidik yang berkualitas dalam hal mendidik anak yang ber- "Pancasila", baik dalam segala hal, perilaku, akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan Bangsa dan Negara.
Ketua Koordiantor Pendidikan Kecamatan Muntok, Kasni, juga menambahkan kegiatan ini diikuti oleh 515 guru, baik Negeri maupun Swasta se- Kabupaten Bangka Barat.
Dia juga menambahkan tujuan dari Program ini untuk meningkatkan profesional Guru dalam mengawal progran Kementerian yaitu  mensukseskan asas Asesmen nasional yang mana dulu UNBK dan sekarang di sebut Azas Asesmen Nasional dan proses pembelajaran jarak jauh serta sebagai sekolah penggerak di Kabupaten Bangka Barat. 
Adapun hari kedua (25/2), dijadwalkan akan dilaksanakan di SMPN 1 Kelapa, SMPN 1 Tempilang, SMPN 1 Jebus, SMPN 2 Jebus, dan SMP Negeri 2 Parittiga.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Dony
Editor: 
Wahyu Pratiwi