Musabaqah Makalah Ilmiah Qur'an jadi Salah Satu Cabang Lomba pada MTQ XI Tingkat Kab. Bangka Barat 2020\

Musabaqah Makalah Ilmiah Qur'an jadi Salah Satu Cabang Lomba pada MTQ XI Tingkat Kab. Bangka Barat 2020

Muntok- Hari ini, selasa 17 Maret 2020 salah satu cabang musabaqah yang terbilang baru yakni Musabaqah Maqalah Ilmiah Qur'an (M2IQ), diperlombakan pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-11 tingkat Kab. Bangka Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 di Arena SDIT Bina Insan Cendikia.

Musabaqah Maqalah Ilmiah Qur'an (M2IQ) merupakan cabang lomba dimana peserta menuangkan pemahaman terhadap Al-Qu'ran dalam bentuk makalah ilmiah. Cabang ini diikuti oleh peserta sebanyak 9 peserta dari 6 Kecamatan di Kab. Bangka Barat

Jika awal-awal M2IQ Peserta lomba menggunakan alat ketik manual, saat ini peserta menggunakan laptop, buku referensi sesuai tema yang sudah ditentukan yang dibawa masing-masing dengan kondisi laptop dalam keadaan bersih dari data dan aplikasi. Hal ini menjaga orisinalitas hasil karya ilmiah yang dibuat.

M2IQ ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan remaja Islam dan di kalangan masyarakat. Berbagai upaya harus dilakukan agar masyarakat memiliki pola pikir yang baik tentang pentingnya memiliki kemampuan literasi khususnya menulis. Disamping memperkaya hasanah keilmuan dibidang agama, lomba M2IQ ini juga diharapkan mampu mencetak kader-kader ulama yang mumpuni dalam kemampuan menulis materi keagamaan yang saat ini terkesan masih kalah dengan kemampuan juru dakwah dengan lisannya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Agus Sunawan
Fotografer: 
Agus Sunawan
Editor: 
Wahyu Pratiwi