Open Defecation Free (ODF) Desa Mancung

Muntok, (15/03/2017) KOMINFO, Desa Mancung Kecamatan Kelapa hari ini mendeklarasikan dirinya sebagi desa ODF. Deklarasi ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kapolsek Kelapa, Danramil Kelapa, Perwakilan Dinas Kesehatan Prov. Bangka Belitung, Kepala desa Mancung dan para tamu undangan lainnya.

Deklarasi ODF ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat hidup bersih dan sehat dengan mencegah penyakit yang berbasis lingkungan, dengan tidak membuang air besar sembarangan sehingga dapat memutuskan alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit. Karena kotoran manusia mengandung puluhan milyar microba yang menyebabkan berbagai penyakit diantaranya  Kolera, Hepatitis A, Demam Tifus, Polio, dan Diare.

Dalam Sambutannya Sekretaris Daerah mewakili Bupati Bangka Barat memberikan apresiasi yang luar biasa kepada desa Mancung  yang telah mendeklarasikan dirinya sebagai desa ODF, dan berharap desa-desa lainnya di Kabupaten Bangka Barat juga mendeklasikan ODF, sehingga kedepan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat meningkat secara signifikan. Yunan Helmi selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat juga menyerahkan sertifikat Desa Open Defecation Free (ODF) kepada desa Mancung.

Dalam acara tersebut Karman selaku kepala desa Mancung bersama sama dengan elemen masyarakat desa mancung yang hadir mendeklarasikan diri sebagai desa ODF. Dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi desa ODF oleh Sekrekatris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat. Dengan adanya nya deklasrasi ini masyarakat desa Mancung  diharapkan tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan sehingga pola hidup sehat dapat diterapkan. **

Sumber: 
Diskominfo Babar
Penulis: 
Donny F
Fotografer: 
Novie Adrian
Editor: 
Henry Firsanto

Berita

22/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
21/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
14/11/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
12/11/2017 | Arunasvara Musician Community
10/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
06/11/2017 | Diskominfo Babar
06/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT
03/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT