PAKAR SARANKAN PEREMPUAN MINIMAL PUNYA DUA SEPATU

         Pangkalpinang, 13/5 (ANTARA) - Seorang ahli bedah syaraf dari Bangkok Hospital, Thailand, dr. Supreecha Kapiya menyarankan para perempuan untuk setidaknya memiliki dua sepatu guna menghindari cidera punggung.

        "Setidaknya perempuan harus punya dua sepatu. Yang satu untuk bekerja yang satu untuk santai, karena sepatu untuk bekerja biasanya berhak tinggi dan itu dapat berbahaya bagi kesehatan tulang punggung," kata dr. Supreecha Kapiya dalam seminar kesehatan bertajuk "Lower Back Pain; Causes, Treatments and Preventions," di  Pangkalpinang, Minggu.

        Di hadapan 300 peserta seminar yang terdiri atas orang awam tersebut, dr Supreecha mengatakan sepatu dengan hak setinggi tiga atau empat inci sudah dapat mengakibatkan cidera tulang punggung.

        "Sepatu dengan hak setinggi tiga atau empat inci sudah dapat menyebabkan cidera tulang punggung karena tubuh akan menahan  beban yang terlalu berat," kata dr. Supricha.

        Selain itu, dalam seminar yang dimotori oleh Sun Clinic dari El John Medica tersebut, Supreecha mengatakan keseimbangan tubuh akan bergeser sehingga otot panggul, otot kaki, otot punggung, dan otot leher harus melakukan penyesuaian terhadap posisi baru tersebut.

         "Hak setinggi tiga atau empat inci saja sudah bisa mengubah anatomi tubuh," kata dia.

        Lebih lanjut, Supreecha mengatakan salah satu penyakit "orang kota" yang paling sering terjadi adalah sakit punggung.

        "Sakit punggung sering dianggap sepele tapi itu merupakan penyebab kedua paling besar orang berkunjung ke rumah sakit," kata dr. Supreecha.

        Selain itu, penyakit tersebut juga menempati urutan kelima penyebab orang dirawat di rumah sakit dan merupakan urutan ketiga untuk pembedahan.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News