Pameran dan Kontes Bonsai KIM PPBI Cabang Bangka Barat

Muntok (25/11/2017) Diskominfo – Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bangka Barat yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan Pameran dan Kontes Bonsai di halaman Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Acara tersebut telah berlangsung sejak hari Jum’at lalu, 24 Nopember 2017, sampai dengan hari Minggu, 26 Nopember 2017.

Pameran dan kontes yang bertema Bonsai Lintas Generasi Menuju Bangka Barat Hebat 2021 itu didukung oleh Museum Timah Indonesia Muntok dan Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Sebanyak 58 pebonsai dari berbagai wilayah di Pulau Bangka ikut serta dalam pameran dan kontes tersebut. Ketua PPBI Cabang Bangka Barat, Saleh Alkaff, mengungkapkan bahwa pameran dan kontes itu merupakan pameran dan kontes yang pertama kali diselenggarakan oleh PPBI Cabang Bangka Barat. Kontes yang diadakan hanya skala  regional namun PPBI Cabang Bangka Barat mengundang juri-juri tingkat nasional. Di antaranya adalah Yayat Hidayat dari Jakarta, John Prawira dari PPBI Cabang Tangerang, dan Irawan Asin dari PPBI Cabang Pangkalpinang. Kategori kontes itu sendiri terdiri dari Kelas Prospek dan Regional.

Untuk Kelas Prospek, juara pertama diberikan kepada pohon Sapu-sapu milik Sunaryo, juara kedua diberikan kepada pohon Jeruk Kingkit milik Sunaryo, dan juara ketiga diberikan kepada pohon Jeruk Kingkit milik Dimas Anugrah. Sedangkan untuk Kelas Regional, juara pertama diberikan kepada pohon Wareng milik Alif, juara kedua diberikan kepada pohon Jeruk Kingkit milik Supardi, dan juara ketiga diberikan kepada pohon Ulmus milik Iriyansyah.

Menurut Saleh Alkaff, Pameran dan Kontes Bonsai itu bertujuan untuk memperkenalkan keindahan seni bonsai kepada masyarakat sekaligus merangkul penggiat bonsai yang ada di Bangka Barat. “Selama ini kita tahu penghobi bonsai cukup banyak, namun mereka tersebar di mana-mana. Dengan Pameran dan Kontes Bonsai ini, PPBI ingin mencoba menjadi wadah penyatu bagi para penghobi bonsai di seluruh Bangka Barat,” ujar Shaleh.

Dalam kesempatan itu, para penggemar dan peserta juga dapat bertukar pikiran dan pengalaman dengan penggiat bonsai yang lain dalam hal merawat bonsai. Selain itu, juri sekaligus trainer Yayat Hidayat memperlihatkan teknik merawat dan membentuk pohon menjadi bonsai kepada penggemar dan penggiat bonsai yang hadir di acara tersebut.

 “Semoga ke depan, pameran dan kontes seperti ini dapat dijadikan agenda tahunan dari PPBI Cabang Bangka Barat,” imbuh Saleh Alkaff.***

Sumber: 
PPBI Cabang Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Erfan

Berita

13/09/2018 | DISKOMINFO
10/09/2018 | AntaraNews
07/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan protokol
06/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
04/09/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
29/08/2018 | babel.antaranews.com
29/08/2018 | babel.antaranews.com
25/08/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan protokol