Pancasila Tidak Sekedar Menjadi Slogan

MUNTOK(02/10/2017) PPID – Di hadapan ratusan peserta upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Bangka Barat yang dilaksanakan di Lapangan Atletik Komplek Pemkab Bangka Barat, Senin (2/10), Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., mengingatkan kepada semua pihak agar tidak menempatkan Pancasila hanya sekedar slogan semata, namun dapat diterapkan nilai-nilai Pancasila menjadi kepribadian bangsa dalam kehidupan.

 “Bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila, sehingga dihormati dan disegani oleh Bangsa lain. Pancasila tidak sekedar menjadi slogan, tetapi harus dipraktikkan. Pancasila akan menjadi sakti kalau Pancasila menjadi kepribadian bangsa,” tegas Bupati.

Drs. H. Parhan Ali, M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu. Dalam pidatonya, Bupati juga mengingatkan kembali pentingnya kesadaran masyarakat akan nilai-nilai Pancasila, agar peristiwa upaya mengganti Pancasila dengan ideologi komunis yang terjadi pada pada masa lalu tidak terulang kembali.

“Pada 30 September 1965 telah terjadi upaya mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada hari tersebut enam jenderal Angkatan Darat dan beberapa orang lainnya telah dibunuh dalam kudeta tersebut. Namun berkat adanya kesadaran untuk mempertahankan Pancasila, maka pada 1 Oktober 1965 upaya tersebut mengalami kegagalan. Peristiwa inilah yang menjadi dasar lahirnya Hari Kesaktian Pancasila,” kata Bupati.

Bupati menambahkan agar masyarakat semakin sadar dan dapat meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, mengingat kompleksitas keberadaan Bangsa Indonesia baik suku, agama, bahasa daerah, adat istiadat, dan budaya bangsa.

“Dengan tema kerja bersama berlandaskan Pancasila mewujudkan masyarakat adil dan makmur, sudah semestinya memberi kesadaran bagi kita semua untuk meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh pendiri bangsa agar dapat merekat erat sebagai kepribadian bangsa. Dengan kondisi yang heterogen dibutuhkan ideologi yang netral yang dapat mengayomi keragaman yang ada,” tutur Drs. H. Parhan Ali, M.M., di hadapan siswa dan pegawai seluruh instansi Pemkab Bangka Barat.

Turut hadir para undangan dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu antara lain Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., Ketua DPRD, Hendra Kurniadi, Sekretaris Daerah, H. Yunan Helmi, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Forkompimda Bangka Barat beserta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Barat.(ppid/muhaimin/foto:aam)

Sumber: 
PPID KAB.BANGKA BARAT
Penulis: 
MUHAIMIN
Fotografer: 
AAM
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

07/12/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
02/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
30/11/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
30/11/2017 | Komunikasi dan Informatika Bangka Barat