Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Menumbing 2020 Bersama Gubernur Bangka Belitung

Muntok- Pemerintah kabupaten Bangka Barat bersama Gubernur Bangka Belitung menghadiri acara Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Menumbing 2020 dalam rangka Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Tahun 2020 Rabu (16/9)
Apel simulasi yang dilaksanakan di lapangan atletik Pemkab. Bangka Barat ini dipimpin oleh Kapolda Bangka Belitung di hadiri oleh Bupati Bangka Barat, Kajari Bangka Barat, Dandim, Danrem serta unsur Forkopimda Provinsi Bangka Belitung.
Sebagai rangkaian Simulasi Sispamkot, unjuk rasa dilakukan oleh massa yang tidak puas dengan hasil pemungutan suara. Selain itu, juga dilakukan simulasi protes yang dilakukan massa yang menganggap kinerja KPU tidak profesional sehingga memancing massa untuk melalukan tindakan anarkis dengan menerobos barikade petugas. Kapolres memerintahkan anggotanya untuk turun ke lokasi konsentrasi massa beserta regu negosiator serta memerintahkan untuk menyiagakan seluruh pasukan di lokasi yang telah ditentukan.
Pada tahap ini, petugas negosiator berupaya membujuk sejumlah massa, dengan mencoba memecah kerumunan massa yang sekaligus memulai simulasi bentrok massa antara personel Dalmas dengan massa yang anarkis, menggunakan water canon dan mobil Damkar. AKan tetapi, massa dikondisikan semakin beringas dengan membakar ban bekas hingga mengakibatkan luka-luka dari kedua belah pihak. Aksi massa juga disimulasikan semakin anarkis dengan melakukan penjarahan dan pembakaran di daerah pertokoan. Akan tetapi, kondisi ini dengan sigap ditertibkan oleh tim khusus dari petugas pengamanan dengan mengamankan pelaku aksi penjarahan.
 
 
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
d_lm
Editor: 
Wahyu Pratiwi