Pelaksanaan Bedah Buku dan Fatwa MUI di Bangka Barat

Muntok _ Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama MUI Bangka Barat melaksanakan sosialisasi bedah buku "Himpunan Fatwa MUI Edisi Terlengkap" dan seminar Fatwa MUI terkait pentingnya Fatwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bertempat di Ruang OR 2 pada Kamis, 1 April 2021.
Tema sosialisasi adalah "Strategi Optimalisasi Fatwa MUI sebagai Pedoman Dalam Kehidupan keagamaan dan Kemasyarakatan ".
Hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Perwakilan Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asisten Bidang Adminintrasi dan Umum Bangka Barat, Perwakilan pengadilan Negeri Bangka barat , Perwakilan Dandin 0431 Bangka Barat, Perwakilan Polres Bangka Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Bangka Barat, Ketua MUI Kepulauan Bangka Belitung, Ketua MUI Bangka Barat, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Bangka Barat, Ketua LDII Bangka Barat, Pondok Pesantren, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan peserta lainnya.
Dalam sambutannya, Asisten Administrasi dan Umum, Ir. Herzon, mengatakan bahwa ulama berperan dalam meyelesaikan permasalahan yang terjadi, MUI sebagai wadah umat Islam yang memiliki posisi strategis sebagai wadah musyawarah para ulama, serta cendekiawan muslim berperan dalam mengkaji dan memutuskan hal-hal bidang keagamaan dan kemasyarakatan, baik level nasional maupun internasional.
"Hal ini penting sebagai pedoman panduan dan pegangan hidup terutama bagi umat islam dalam beragama bermasyarakat dan berbangsa," katanya.
Dalam paparan Perwakilan Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kasubdit bin Polmas, AKBP Efendi Sugianto, menyebutkan bahwa masyarakat juga harus tahu tentang paham radikal serta kebaikan - kebaikan yang akan kita ambil dan toleransi berkait dengan masalah radikalisme dan terorisme yang sedang terjadi saat ini.
"Saya berharap semua pihak terkait dapat bersinergi mengatasi masalah - masalah yang timbul dengan aktif melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada semua lapisan masyarakat," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Dedy
Editor: 
Wahyu Pratiwi