Pelaksanaan Bimtek Standar Kompetensi Jabatan ASN

Muntok-Pemkab Bangka Barat melalui Bagian Organisasi Setda menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) di Gedung Graha Aparatur _ Rabu (30/9/20). Acara dihadiri Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi dan Umum Ir.Herzon, Istyadi Insani, S.Sos., selaku Analis kebijakan Madya, Koordinator Bidang Kompetensi  Kementrian PAN dan RB RI (melalui vidcon), Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Sosial Drs. M.Sholeh.,M.AP., Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Heru Warsito,  Kepala Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah Bangka Barat Indra Saputra,SH., Kepala OPD, serta seluruh peserta bimtek. 
Dalam sambutan Pjs. Bupati Bangka Barat yang mana diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekda Ir.Erzon mengatakan tujuan dari kegiatan ini agar tiap Instansi dapat menyusun standar kompetensi jabatan ASN dalam organisasi di perangkat Daerah sebagaimana diatur dalam peraturan menteri pendayagunaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi tentang tentang standar kompetensi jabatan aparatur sipil negara bahwa manajemen ASN kedepannya nanti berdasarkan dengan pola sistem merit yang mana manajemennya ASN itu harus dikelola berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja tanpa membedakan yang namanya suku,agama,ras, latar belakang, jenis kelamin, umur yang dilakukan secara adil dan wajar, ujarnya. Adanya standar kompetensi jabatan yang jelas bagi para ASN merupakan upaya untuk mewujudkan ASN yang profesional yang didukung oleh sistem rekrutmen dan promosi aparatur yang berbasis kompetensi, transparan, dan mampu mendorong mobilitas aparatur, serta untuk mencapai pola penempatan personil pejabat yang sesuai dengan prinsip “The Right Man On The Right Place”,ujar Herzon. Hal ini adalah salah satu aspek penting reformasi bikrokrasi yang setiap tahapannya memberikan perubahan atau perbaikan birokrasi ke arah yang lebih baik, kata dia. 
Dengan adanya Bimtek ini dia berharap  setelah mengikuti Bimtek ini masing-masing OPD di Kabupaten Bangka Barat bisa menyusun standar Kompetensi Jabatan ASN sesuai manajerial, sosial, dan teknis, sehingga dapat dijadikan acuan dalam menerapkan manajemen SDM berbasis kompetensi agar tercapai profesionalisme aparatur dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat "tutupnya"

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
YOGIE
Editor: 
Yogie