Pelaksanaan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) di Desa Sungai Buluh

Jebus- desa Sungai Buluh melaksanakan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) pada Senin, 23 November 2020. Desa Sungai Buluh merupakan desa ke 4 yang sudah mendeklarasikan desa ODF di Kecamatan Jebus dari total 20 Desa di Kabupaten Bangka Barat.

Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Assisten Sekretaris Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala OPD Kab.Bangka Barat, Ketua TP PKK Kab.Bangka Barat, Camat Se-Kabupaten Bangka Barat, Kapolsek Jebus, Danramil Jebus, Kepala Desa Se-Kecamatan Jebus, BPD, Ketua Baznas Kab.Bangka Barat, tokoh masyarakat serta tokoh agama Kecamatan Jebus.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Nurmala Anggraini, S. KM mengatakan bahwa kepada pihak desa yang sudah bergelar desa ODF harap dipertahankan, jangan sampai tahun depan masih ada rumah yang tidak memiliki jamban.

"Utamakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat," tambahnya.

Kepala Desa Sungai Buluh turut menyampaikan terima Kasih kepada seluruh pihak yang terkait dalam Deklarasi desa ODF atas predikat desa ODF yang telah diraih oleh Desa Sungai Buluh.

Agenda dirangkaikan dengan pembacaan ikrar deklarasi ODF dari Desa Sungai Buluh, dan dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan stop buang air besar sembarangan oleh Camat Jebus dan Kepala Desa Sungai Buluh. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat Desa ODF dari Asisten Sekretaris Daerah, Drs. H. Rozali kepada Kepala Desa Sungai Buluh.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Aldy
Fotografer: 
Arif
Editor: 
Wahyu Pratiwi