Pelaksanaan Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wabup Bangka Barat

Mentok- melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat, hari ini (4/9) pembukaan pendaftaran bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat dimulai. Kegiatan bertempat di Kantor KPU Bangka Barat.
Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan pendaftaran kali ini berlangsung di tengah pandemi covid19 yang mewajibkan para pelaksana kegiatan menerapkan protokol kesehatan.
Dalam kaitannya dengan penerapan protokol kesehatan, Ketua KPU, Pardi, S. Si., mengatakan bahwa para peserta yang diizinkan memasuki ruangan bersifat terbatas.
Dirinya mengatakan bahwa kali ini tim sukses tidak semua masuk ke dalam tempat pendaftaran.
"Hanya yang memiliki id card yang boleh masuk, baik dari media maupun kepolisian. Selain itu, pihak KPU juga mengizinkan pihak lain untuk masuk, diantaranya calon Bupati dan Wakil bupati, partai pengusul (ketua dan sekretaris) , LO 2 orang serta Bawaslu sejumlah 6 orang, "katanya.
Dikatakan Pardi, bahwa berkas-berkas yang masuk selanjutnya akan diperiksa oleh tim pemeriksa.
"Berkas pendaftaran meliputi kelengkapan persyaratan pencalonan diantaranya berupa formulir B-KWK, B1-KWK, SK kepengurusan. Setelah itu, beralih kepada pemeriksaan berkas calon yang terbatas pada ada atau tidaknya berkas, diantaranya adalah sertifikat pendidikan, identitas, form BB 1-KWK, BB2-KWK, SKCK dari kepolisian. Ketika sudah selesai syarat pencalonan maka bakal paslon diberikan berita acara pendaftaran dan tanda terima terima pendaftaran," tambahnya.
Proses selanjutnya adalah verifikasi administrasi terhadap berkas-berkas tersebut.
"Proses verifikasi berlangsung selama rentang waktu 6-12 September 2020," ujarnya.
Dirinya juga mengatakan bahwa pada tanggal 8-9 September mendatang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal paslon yang bertempat di RSPAD Jakarta Pusat dengan didampingi oleh tim dari KPU.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Ika