Pelaksanaan Rapat Koordinasi Penanggulangan dan Pencegahan Terorisme/ Radikalisme dan Intoleransi di Wilayah Kabupaten Bangka Barat

Muntok _ Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Kantor Kesbangpol memfasilitasi kegiatan Rapat Koordinasi Tentang Penanggulangan Serta Pencegahan Terorisme /Radikalisme dan Intoleransi di Wilayah Kabupaten Bangka Barat pada Rabu, 31 Maret 2021.
Rakor ini merupakan kegiatan Polres Bangka Barat dan bertempat di Ruang OR 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat.
Hadir dalam rapat diantaranya Kapolda, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Barat, Drs. Rozali, Kasat Intelkam Polres Bangka Barat, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Perwakilan Kemenag Bangka Barat, Ketua FKUB Bangka Barat, Ketua PCNU Bangka Barat, Pewakilan Ketua MUI Bangka Barat, Perwakilan Muhammadiyah Bangka Barat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Drs. Rozali mengatakan melalui tujuan pelaksanaan Rakor ini yaitu agar semua stakeholder terkait dapat memahami dan bersama-sama menanggulangi tentang Terorisme/ Radikalisme dan Intoleransi di wilayah hukum Kabupaten Bangka Barat.
AKP David Charli, S.H sebagai narasumber rapat tersebut memaparkan perbedaan Terorisme dan radikalisme.
"Perlu kita waspadai serta perlu penetapan strategi penanggulangan radikalisme dan terorisme di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran media sebagai sarana untuk memberikan penjelasan dan pengertian kepada masyarakat tentang pencegahan radikalisme dan terorisme yang terjadi, baik di kalangan umat maupun di wilayah kita masing-masing," katanya.
"Untuk itu, perlu adanya penyamaan persepsi antara pihak Kepolisian di wilayah hukum Kabupaten Bangka Barat serta pihak terkait lainnya, misalnya tokoh agama dan masyarakat tentang bahaya laten terorisme dan radikalisme," tambahnya.
"Dengan begitu, upaya mensosialisasikan tentang hal ini ke semua lapisan masyarakat dan sekolah sekolah di wilayah hukum Kabupaten Bangka Barat dapat berjalan optimal. Dalam hal ini, sinergitas merupakan hal yang utama," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Wahyu Pratiwi