Pelaksanaan Seleksi Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020

Muntok _ pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) melaksanakan kegiatan Seleksi Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat pada Senin 21/12/2020.
Sebanyak 51 orang mengikuti Seleksi dan telah mengikuti seleksi administrasi dengan rincian tingkat TK 2 orang, SD 41 orang dan SMP 8 orang.
Hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Rozali, Kepala LP2KS Solo, Kepala LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala OPD Dikpora, Plt. Kepala Diskominfo, serta seluruh peserta Seleksi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 6 Tahuan 2018 tentang Penugasan guru sebagai Kepala Sekolah mengamanahkan perlu adanya penataan kembali sistem rekrutmen dan pembinaan karir Kepala Sekolah agar dapat diperoleh seorang Kepala Sekolah yang kredibel dan kompeten.
Hal ini yang mendasari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan ini.
Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Drs. H. Rozali, disebutkan bahwa dalam masa pandemi Covid 19 kegiatan seleksi calon Kepala Sekolah tetap ada dan seluruh pihak harus tetap semangat dalam membangun dunia Pendidikan di Kabupaten Bangka Barat.
"Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, Guru Besar Universitas Negeri Malang di Jakarta agustus 2007 menyebutkan bahwa "Tidak ada anak yang tidak bisa dididik, yang ada guru yang tidak bisa mendidik. Tidak ada guru yang tidak bisa mendidik, yang ada kepala sekolah yang tidak bisa membuat guru bisa mendidik", katanya.
Dirinya juga menyebutkan bahwa posisi kepala sekolah adalah titik pusat dan irama sekolah, "Bahkan keberhasilan sekolah dimulai dari seorang kepala sekolah itu sendiri yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah antar guru, kurikulum, siswa, bahan ajar, fasilitas, dana, orang tua dan lingkungan. Semua itu merupakan unsur sekolah yang memiliki tugas dan fungsi paling berpengaruh demi memajukan dunia pendidikan," katanya lagi.
"Selamat berjuang, apapun hasilnya teruslah memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan, khususnya di Bangka Barat," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Arif
Editor: 
Wahyu Pratiwi