Pembinaan Peranan Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bangka Barat

Muntok (25/04/2019) Diskominfo, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Komunikasi dan Infomatika Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Pembinaan Peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)) yang dilaksanakan pada hari Kamis (25/04) di rumah kebun kecamatan Muntok. Pembinaan KIM ini dibuka langsung oleh Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Sosial, Muhammad. Sholeh, M.AP. Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta dari 11 kelompok KIM yang ada di Kabupaten Bangka Barat. Pengisi materi Pembinaan KIM ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Muhammad Kaidi, SE, Kepala Bidang IKP Dinas komunikasi dan Informatika Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, Padli, SIP, dan Relawan TIK Bangka Belitung Akbar Riandi.

Dalam sambutannya Muhammad. Sholeh, M.AP mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat dapat membentuk  fungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintahan atau sebaliknya, sehingga KIM yang telah dibentuk dapat menjadi mitra dialog, promosi daerah, dan mengembangkan jaringan informasi pembangunan daerah yang positif dan membangun.

Saat ini KIM yang ada Kabupaten Bangka Barat yaitu KIM Puput desa Puput, KIM Forum BUM Penganak desa Penganak, KIM Jebus desa Jebus, KIM Seni Budaya Batin Tua desa Air Menduyung, KIM Simpang Gong desa Simpang Gong, KIM PPBI kelurahan Sungai Baru, KIM Hadarah desa Pangkalberas, KIM Sanggar Seni Dambus Empeng kelurahan Kelapa, KIM Perkumpulan Insan Pencinta Alam desa Bukit Terak, KIM Sanggar Campak Putri Peniti kelurahan Kelapa, KIM Tenun Cual Bunda Cempaka kelurahan Sungai Baru.

Kepala Bidang Pemberdayaan TIK dan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Bangka Barat Erza Fistiawan, SE mengatakan bahwa pembinaan KIM yang ada  di kabupaten Bangka Barat ini bertujuan agar para anggota KIM lebih dapat memahami tugas, fungsi dan tujuan dari KIM yang telah dibentuk serta dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan KIM  dalam hal ini sebagai media pemasaran produk yang dihasilkan serta potensi daerah yang ada.

“KIM ini dapat berperan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan deseminasi informasi pembangunan kepada masyarat, sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintahan serta pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan, sebagai forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan, dan juga sebagai kelompok untuk bisa saling berbagi informasi, mengelola informasi dan penyebarannya untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat” kata Erza

Sumber: 
Diskominfo Kab. Babar
Penulis: 
Donny
Fotografer: 
Donny
Editor: 
Amrullah