PEMDA BANGKA BARAT BANTU MASJID RP. 900 JUTA

Muntok, Bangka Barat, 25/10 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, selama 2011 telah menyalurkan bantuan sebesar Rp900 juta untuk meningkatkan fasilitas dan bangunan fisik masjid di daerah itu.

"Proposal yang kami terima sekitar 200 buah, dan semuanya kami bantu dengan besaran yang bervariasi, tergantung kebutuhan yang tertera di proposal tersebut," ujar H Zumrowi Achyar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bangka Barat di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2011, sebagai wujud kepedulian pemkab dalam menyediakan sarana dan tempat ibadah yang nyaman agar jumlah jemaah semakin banyak.

Menurut dia, bantuan sosial untuk masjid tersebut dibagikan merata ke seluruh daerah Bangka Barat untuk memotivasi pengurus dan jemaahnya agar semakin banyak kegiatan yang diselenggarakan sekaligus memakmurkan masjid.

"Bantuan sebesar Rp900 juta tersebut, kami berikan ke sekitar 200 masjid yang tersebar di enam kecamatan meliputi Kecamatan Muntok, Simpang Teritip, Kelapa, Tempilang, Jebus dan Parittiga," ujarnya.

Menurut dia, sebagian besar bantuan tersebut diberikan pada pengurus masjid untuk perbaikan dan pembangunan fisik masjid, namun ada beberapa yang dimanfaatkan untuk melengkapi fasilitas masjid.

Ia mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai salah satu upaya Pemkab untuk meningkatkan bangunan masjid sekaligus memotivasi umat Islam di sekitarnya agar rajin mengunjungi masjid untuk meningkatkan ketaqwaannya.

Secara teknis, menurut dia, pemberian bantuan tersebut tidak sulit pengurusannya, pemohon hanya membuat proposal kegiatan seperti pada umumnya dengan menyertakan data-data selengkapnya kemudian akan diproses di Bagian Kesra Pemkab Bangka Barat.

"Kami akan mensurvei lokasi setiap proposal yang masuk, jika memenuhi syarat untuk dibantu, dana dapat segera dikucurkan meskipun tidak penuh seperti yang tertulis di proposal karena anggaran yang tersedia juga terbatas," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan yang telah dilakukan berkisar antara Rp7,5 juta sampai Rp35 juta, tergantung kebutuhan seperti yang tertulis di proposal dengan mempertimbangkan keadaan di lapangan.

Menurut dia, untuk 2012 diharapkan semakin banyak alokasi anggaran untuk meningkatkan sarana dan prasarana rumah ibadah, sehingga warga semakin tertarik untuk datang dan memakmurkan masjid.

"Selain sebagai upaya meningkatkan bangunan fisik, kami mengharapkan semakin banyak jemaah yang mau peduli dan mengikuti program yang teklah disusun pengurus masjid setempat, sehingga tampat ibadah tersebut semakin hidup dan aktif memberikan pendidikan nilai-nilai agama bagi warganya," ujarnya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News