Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Ikuti Rakernas Akselerasi Transformasi Digital Pengembangan SDM melalui Literasi Digital secara Virtual

Muntok,(24/02) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat mengikuti Rakernas Akselerasi Transformasi Digital Pengembangan SDM melalui Literasi Digital pada Rabu, 24 Februari 2021 . Diskominfo dalam hal ini diwakili Sekretaris Kominfo Bangka Barat, Fachriansyah, S.IP, M.Si mengikuti acara tersebut bertempat di Ruang rapat Dinas Kominfo Kab. Bangka Barat.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan kerjasama dari Kementerian Kominfo RI, Kementerian Dalam Negeri RI, dan Siber Kreasi. 
Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate, dalam paparannya menjelaskan bahwa di era digitalisasi saat ini, sumber daya manusia harus memiliki digital skills, digital culture, dan digital ethics untuk menjamin terwujudnya digital safety.
“ Jika SDM sudah memiliki 3 unsur tersebut, maka mereka akan memiliki kemampuan menyeluruh mulai dari menggunakan perangkat keras dan lunak TIK sampai pada kemampuan dalam membaca, menguraikan dan merasionalkan tata kelola digital dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya. 
Adapun Dirjen Bina Pembangunan Daerah kemendagri, Sri Purwaningsih, SH., M. AP., menjelaskan tentang pentingnya pelaksanaan fasilitasi literasi digital bagi masyarakat. 
“Dalam hal ini, Pemerintah bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya swasta, BUMD, dan pemerintah daerah lainnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Karena dalam kaitannya dengan peningkatan kapasitas SDM, butuh kolaborasi kuat dari berbagai pihak,” tegasnya. 
Sementara itu, Direktorat jenderal Aplikasi Informatika, Samuel E. Pangarepan  menerangkan bahwa program literasi digital akan dilangsungkan di 34 provinsi dan 514 Kabupaten/ Kota. 
“Kami sudah merencanakan untuk Bulan April - Desember 2021 akan dilaksanakan 20.582 kegiatan literasi digital yang akan dilakukan secara virtual. Dengan harapan bahwa masyarakat akan terliterasi digital secara menyeluruh,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
Dedra | Arif
Editor: 
Wahyu Pratiwi