Pemkab Babar Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Koperasi/KUD

Muntok (12/03/2018) Humas Bangka Barat. Sebanyak 25 orang pengurus koperasi di Kabupaten Bangka Barat mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Koperasi/KUD yang diadakan Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian pada hari Senin (12/3) di Hotel Yasmin. Acara dibuka oleh Staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Iduwan, S.H., yang dalam hal ini mewakili Bupati Bangka Barat dalam membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Iduwan mengatakan pengurus dan pengawas koperasi dan KUD harus mempunyai komitmen untuk maju dan mengelola usaha baik secara efektif dan efisien,sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi koperasi untuk membenahi koperasi baik dari segi kelembagaan, keuangan maupun tingkat produktivitas usahanya dan tidak kalah penting, hasil pelatihan ini dapat diterapkan di dalam menjalankan pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan koperasi," kata Iduwan. 

Masih menurut Iduwan, salah satu indikator untuk menilai kinerja suatu badan usaha adalah penyajian laporan. Laporan keuangan merupakan informasi keuangan suatu badan usaha dalam periode tertentu yang berguna bagi pihak internal seperti manajemen,karyawan dan juga pihak pihak ekternal seperti investor,kreditor maupun pemerintah.

Iduwan mengingatkan pula bahwa anggota sebagai pemilik sekaligus pelanggan harus juga melaksanakan kewajiban dan taat dengan koperasi, tidak hanya meminta hak  tapi harus seimbang dengan kewajiban dalam melaksanakan kegiatan koperasi.

Pelatihan ini berlangsung selama empat hari dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Tengku Perdana Faizal,S.H.

Sumber: 
Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokoler
Penulis: 
Henni widyastuti
Editor: 
Muhammad Erfan