PEMKAB BANGA BARAT LENGKAPI FASILITAS DI MENUMBING

          Muntok, Bangka Barat, 22/5 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung pada 2012 terus melengkapi berbagai fasilitas di Pesanggrahan Menumbing dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung di tempat tersebut.

         "Saat ini pengembangan kawasan wisata Menumbing masih berjalan seperti pembangunan gazebo, tempat parkir, anjungan dan tugu kawasan yang diharapkan selesai pada tahun ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Informatika Bangka Barat Yanuar di Muntok, Selasa.

         Ia menjelaskan, pengembangan tersebut merupakan pembangunan unit baru yang sebelumnya belum ada dengan harapan fasilitas di tempat pengasingan Bung Karno pada masa kemerdekaan tersebut semakin menarik untuk dikunjungi wisatawan.

         Menurut dia, di Pesanggrahan Menumbing akan dibangun tujuh unit gazebo, lapangan parkir di Pos I, anjungan dan Tugu Kawasan di simpang tiga jalan menuju arah Menumbing.

         "Anggaran sudah disetujui DPRD Bangka Barat melalui Anggaran mendahului perubahan 2012 dan diharapkan semuanya dapat berjalan sesuai target," ujarnya tanpa menyebut besarnya anggaran untuk pembangunan fasilitas tersebut.

         Ia mengatakan, pembangunan berbagai fasilitas tersebut tidak ada hubungannya dengan rencana kunjungan mantan Presiden RI Megawati ke Muntok, namun program tersebut memang program yang sudah direncanakan dari Dishubparinfo Bangka Barat jauh sebelumnya.

         Menurut dia, pemkab sebagai pengelola Pesanggrahan Menumbing memiliki tanggung jawab sepenuhnya terahadap aset sejarah nasional tersebut dan akan terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada.

         "Selain pembangunan fasilitas baru, kami juga sudah mengajukan ke Provinsi untuk rencana pemugaran gedung utama dan hotel yang ada untuk dikembalikan seperti semula karena saat ini masih banyak yang rusak," ujarnya.

         Ia mengatakan, upaya pemugaran gedung utama dan hotel juga akan dibarengi dengan penyediaan instalasi untuk air bersih di kawasan obyek pariwisata andalan Bangka Barat tersebut dengan harapan para pengunjung akan semakin nyaman berada di perbukitan yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan pusat kota Muntok tersebut.

         "Kami berharap berbagai upaya peningkatan kawasan Pesanggrahan Menumbing diikuti perbaikan infrastruktur jalan sehingga wisatawan semakin nyaman menuju obyek wisata tersebut. Kondisi jalan saat ini masih bisa dilalui, namun sudah banyak yang rusak dan kurang layak sehingga diharapkan perbaikan jalan yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum Bangka Barat dapat segera tereralisasi," ujarnya.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara