Pemkab Bangka Barat Adakan Gelar Pengawasan Daerah

Muntok (07/12/2017) PPID - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengadakan Gelar Pengawasan Daerah dengan tema Optimalisasi Pengawasan Untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih Guna Mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),  Kamis (7/12) di Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah, Drs.  H. Yunan Helmi,  M. Si.,  dan disaksikan oleh undangan dari seluruh desa,  perwakilan sekolah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangka Barat.  Acara juga dihadiri oleh Ketua Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  BPK Republik Indonesia,  Perwakilan Kejaksaan Negeri Muntok dan Saber Pungli Polres Bangka Barat yang sekaligus menjadi narasumber diskusi panel.

Dalam sambutannya,  Sekretaris Daerah mengajak semua pihak untuk terus bekerja khususnya dengan mempertahankan predikat WTP yang telah diraih terhadap laporan keuangan yang telah diperoleh Bangka Barat.

"Saya menekankan kepada aparat pengawasan intern Pemerintah agar dapat lebih profesional untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah,  fokus pada temuan pemeriksaan yang mengarah pada kerugian negara. Mari kita tindak lanjuti terhadap adanya temuan. Saya minta sampai akhir Desember selesai," kata Sekretaris Daerah saat memberikan sambutannya.

Menurut Drs.  H. Yunan Helmi,  M. Si.,  mempertahankan prestasi WTP jauh lebih sulit daripada meraihnya. Untuk itu, dia mengingatkan agar kerjasama dengan pihak terkait dapat terjalin dengan baik.

"Saya optimis, ke depan desa-desa dan sekolah akan kita maksimalkan,  kalau ada kendala terkait pengelolaan keuangan segera komunikasikan, mumpung kita kerjasama  dengan Kejaksaan.  Pergunakan dengan  baik sehingga tidak  ditemukan hal- hal yang tidak pas dalam pengelolaan keuangan," jelasnya.

Sekretaris Daerah menegaskan  agar semua pihak mengelola keuangan daerah dengan penuh tanggung jawab sehingga visi misi menuju Bangka Barat Hebat 2021 akan terealisasi.

"Saya menegaskan kepada semua pengelola keuangan negara baik OPD maupun di tingkat desa,  sekolah, dan Puskesmas agar tertib administrasi dan jangan sampai ada unsur kesengajaan melakukan tindak korupsi," ujar Sekretaris Daerah.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada instansi yang menindaklanjuti secara cepat terhadap pengawasan di antaranya Desa Ibul,  Desa Tuik,  Desa Tanjung Niur,  SMP Negeri 1 Kelapa,  dan SMP Negeri 2 Jebus. Penghargaan juga diberikan kepada OPD yang memiliki nilai terbaik terhadap hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Instalasi Pemerintah (Sakip)  tahun 2016, di antaranya Dinas Kesehatan,  Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga,  Inspektorat Daerah,  Dinas Kelautan dan Perikanan,  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Daerah. (ppid /Muhaimin)

Sumber: 
PPID Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Muhaimin
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

07/12/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
02/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
30/11/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
30/11/2017 | Komunikasi dan Informatika Bangka Barat